alexametrics

5 Cara Berhenti Merokok Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

loading...
5 Cara Berhenti Merokok Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan
Merokok menjadi tantangan bagi perokok yang menjalankan puasa di bulan Ramadhan. Dengan niat yang kuat, seseorang bisa terbebas dari rokok saat puasa. (Health Magazine)
A+ A-
JAKARTA - Puasa Ramadhan dapat menjadi awal untuk memulai pola hidup sehat. Salah satunya berhenti dari kebiasaan buruk seperti merokok. Dengan niat yang kuat, Anda dapat terbebas dari rokok saat bulan puasa.

Meski cara ini dipercaya ampuh dapat membantu berhenti merokok, namun tak sedikit perokok yang mengaku ingin kembali merokok. Keinginan ini biasanya muncul pada awal-awal. Namun tak perlu khawatir, pasalnya keinginan merokok hanya berlangsung 3—5 menit.

Selain itu, keinginan merokok juga biasanya muncul hanya pada waktu tertentu seperti stres, mengendarai mobil, makan atau bersosialiasi. Jika Anda salah satunya yang juga mengalami hal ini, berikut cara mengatasi keinginan kembali merokok seperti dilansir dari Verywellmind.

1. Tarik napas panjang

Tarik napas panjang dan hembuskan secara perlahan. Cara ini dikenal dengan pranayama yang dapat mengatasi keinginan untuk kembali merokok. Lakukan cara ini selama lima menit dan hasilnya, Anda akan lebih segar juga tenang.

2. Minum segelas air

Kekurangan cairan atau dehidrasi membuat seseorang merasa cemas sehingga muncul keinginan merokok. Saat keinginan merokok kembali muncul, perbanyak minum air putih. Cara ini juga dapat membuat Anda terhidrasi dan kembali segar.

3. Telepon teman

Alihkan keinginan merokok Anda dengan menelepon teman-teman. Selanjutnya, Anda dapat mengobrol dan membicarakan berbagai hal menarik. Dengan demikian, pikiran untuk keinginan merokok akan teralihkan.

4. Ingat alasan berhenti merokok

Saat keinginan merokok datang, Anda harus kembali mengingat alasan berhenti merokok. Tak hanya dipikirkan, Anda dapat menuliskan alasan berhenti merokok diatas kertas untuk memotivasi.

5. Konsumsi camilan sehat

Keinginan merokok biasanya hadir saat kadar gula darah menurun. Akibatnya, keinginan merokok pun tertahankan. Untuk mengatasi keinginan merokok, sediakan camilan sehat didekat Anda. Salah satunya buah-buahan.
(alv)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak