Resep Semur Jengkol yang Lezat untuk Teman Santap Malam

Rabu, 06 Juni 2018 - 13:30 WIB
Resep Semur Jengkol yang Lezat untuk Teman Santap Malam
Resep Semur Jengkol yang Lezat untuk Teman Santap Malam
A A A
JAKARTA - Kancing lepis alias jengkol memang paling nikmat diolah menjadi semur jengkol. Bagi banyak orang, semur jengkol akan terasa semakin nikmat jika disantap bersama dengan nasi hangat. Namun tak hanya lezat, makanan khas Betawi ini rupanya juga menyehatkan.

Jengkol kaya zat besi dan protein yang bisa membantu pembentukan jaringan pada tubuh. Kandungan kalsium dan fosfor yang terkandung pada jengkol juga baik bagi kesehatan tulang. Cara membuat semur jengkol pun mudah. Dikutip dari Tastemade, berikut resep membuat semur jengkol untuk santap makan malam.

Bahan:
½ kg jengkol
1 batang serai, memarkan
3 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
Kecap manis secukupnya
Air secukupnya
3—5 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus:
3 buah cabai merah besar
4 buah cabai rawit atau sesuai selera
3 cm jahe, iris tipis
3 butir kemiri sangrai
3 siung bawang putih
1 sdt pala bubuk
2 cm kunyit
5 siung bawang merah, iris
5 sdm minyak

Cara Membuat:
1. Haluskan cabai merah besar, cabai rawit merah, jahe, kemiri, bawang putih, pala bubuk, kunyit dan bawang merah dengan minyak. Sisihkan.

2. Rebus jengkol dalam air yang mendidih sampai matang dan empuk. Kupas kulit jengkol satu persatu sampai bersih. Belah menjadi dua bagian lalu pipihkan dengan cara digeprek, sisihkan. Tumis serei, lengkuas, salam dan bumbu yang telah dihaluskan dengan sedikit minyak sampai wangi.

3. Masukkan jengkol, aduk rata lalu tambahkan sedikit air dan kecap manis, aduk sampai rata. Bumbui dengan garam dan lada sesuai selera. Masak hingga kuah berkurang dan jengkol empuk. Semur jengkol siap disajikan.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3644 seconds (0.1#10.140)