Tips Beberes Rumah Bersama Keluarga, Hunian Sehat Bebas Penyakit

Kamis, 01 Februari 2024 - 15:34 WIB
loading...
Tips Beberes Rumah Bersama Keluarga, Hunian Sehat Bebas Penyakit
Tips beberes rumah berikut ini efektif untuk menjaga kerapian serta kesehatan keluarga. Foto/ MNC Media.
A A A
JAKARTA - Tips beberes rumah berikut ini efektif untuk menjaga kerapian serta kesehatan keluarga. Kerena, rumah yang bersih dan rapi sudah pasti jauh dari penyakit.

Sebaliknya, rumah yang berantakan cenderung membuat tingkat stres penghuninya semakin tinggi, sarang penyakit hingga masalah pada struktur bangunan.

Waktu yang tepat untuk membersihkan rumah adalah akhir pekan, di mana seluruh anggota keluarga ada di rumah. Ajak seluruh anggota keluarga untuk membersihkan rumah, mulai dari cuci piring , menyapu halaman, merapikan kasur dan mengepel lantai .

Tak kalah penting, cuci baju kotor dan langsung menjemurnya hingga benar-benar kering. Sebab, pakaian yang kotor dan lembab menyebabkan tumbuhnya jamur dan bau apek.

Berikut ini lima hal yang harus diperhatikan dalam beberes dan membersihkan rumah.

Tips Beberes Rumah Bersama Keluarga

1. Tentukan Bagian Rumah yang Mau Dirapikan

Pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan bagian rumah yang mau dirapikan.
Kalau rumah terlalu besar, kamu bisa membuat target harian dengan menentukan ruangan manakah yang ingin dibersihkan terlebih dahulu.

Misalnya, hari Senin merapikan dapur, Selasa membersihkan kamar mandi dan seterusnya. Anda juga bisa memutuskan berdasarkan kegiatan beres-beres rumah apa yang ingin dilakukan pada satu hari. Dengan begitu, rencana membereskan rumah tidak terlihat begitu berat dan mudah untuk diselesaikan.

2. Jangan Menumpuk Pekerjaan

Agar tidak berat, sebaiknya kamu menyelesaikan pekerjaan kecil tanpa menundanya. Dengan demikian, rumah tidak terlihat berantakan dan aktivitas beberes akhir pekan jadi lebih ringan.

Sebagai contoh, setelah selesai makan kamu dapat langsung mencuci piring. Kamu juga bisa menyapu rumah setiap hari agar debu dan kotoran tidak menumpuk.

3. Singkirkan Barang Tak Terpakai

Singkirkan barang tak terpakai untuk menghindari tumpukan benda yang akan berdebu, kotor, bahkan dijadikan tempat berkumpulnya hewan-hewan pembawa penyakit. Kamu bisa mengecek barang-barang di rumah yang sudah tidak dapat berfungsi atau tak lagi digunakan, setidaknya dalam waktu enam bulan ke belakang. Setelah itu, singkirkan barang-barang tersebut.

Alternatif lainnya yang dapat Anda lakukan terhadap barang tidak terpakai adalah dengan menerapkan kegiatan 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle).

4. Lakukan Bersama Keluarga

Salah satu cara agar tidak malas beres-beres rumah adalah melakukannya bersama keluarga. Selain pekerjaan yang harus dilakukan menjadi ringan dan mudah diselesaikan, beberes bersama keluarga tentu akan lebih menyenangkan.

Di samping itu, momen beres-beres rumah bersama tersebut bisa Anda manfaatkan untuk mempererat ikatan antara satu sama lain dan melatih kerja sama.

5. Rapikan Alat Kebersihan usai Dipakai

Menyimpan alat dan bahan pembersih kembali ke tempat semula adalah syarat mutlak dalam menjaga kebersihan rumah. Kamu akan lebih mudah menemukan benda-benda tersebut untuk kegiatan beberes selanjutnya.

Agar tidak membingungkan, kamu dapat meletakkan alat maupun bahan pembersih sesuai dengan tempat penggunaannya. Kamu juga dapat menyimpan kelompok benda yang digunakan bersamaan dalam satu tempat.

Itulah tips beberes rumah bersama keluarga. Dapatkan alat dan bahan pembersih rumah lengkap di AladinMall . Nikmati fasilitas Gratis Ongkir dan promo belanja hemat lainnya dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store . Jangan lupa untuk mengunjungi Blog AladinMall untuk mendapatkan berbagai informasi, tips dan review produk kebutuhanmu.

Petang ini ada harga spesial live AladinMall di aplikasi RCTI+. Yuk, join dan belanja sepuasnya di jeda iklan!
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1671 seconds (0.1#10.140)