alexametrics

7 Trik Packing Mudik agar Terhindar dari Biaya Kelebihan Bagasi

loading...
7 Trik Packing Mudik agar Terhindar dari Biaya Kelebihan Bagasi
Ada 7 cara mudah mengemas barang untuk mudik Lebaran dengan pesawat sehingga Anda terhindar dari biaya kelebihan bagasi. Foto/Ilustrasi/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Bagi sebagian orang, melakukan packing untuk mudik Lebaran merupakan tantangan tersendiri. Bahkan, tak sedikit yang mengalami stres karena begitu banyak barang yang ingin dibawa, namun tempat terbatas.

Terlebih bagi Anda yang mudik menggunakan pesawat, cara packing yang tidak tepat dapat menyebabkan biaya bagasi membengkak. Karena itu, untuk menghindari biaya kelebihan bagasi, Anda perlu melakukan packing yang tepat.

Nah, seperti dikutip dari Skyscanner, berikut ini tips packing efektif yang bisa membuat Anda menghindari biaya kelebihan bagasi.

1. Packing untuk pergi dan pulang
Packing bukan hanya untuk pergi, juga untuk pulang. Jika memungkinkan, bawa barang yang lebih sedikit dan atau lebih ringan ketika Anda akan pulang. Dalam arti, jangan membeli sesuatu di daerah tujuan yang akan menambah beban bagasi, terlebih lagi jika ternyata barang itu tidak Anda perlukan.



2. Bawa barang yang benar-benar diperlukan
Membawa barang yang pada akhirnya tidak diperlukan boleh jadi adalah masalah utama banyak orang. Alat mandi dan hairdryer seringkali tersedia di penginapan Anda, jika bukan kebutuhan khusus, lebih baik Anda tidak membawanya.

3. Packing sambil menimbang
Yang sering kali salah dan berujung merepotkan adalah packing terlebih dahulu baru menimbang. Repotnya adalah ketika ternyata barang bawaan melebihi jatah bagasi gratis. Untuk menyiasatinya, Anda bisa packing di atas timbangan sehingga bisa mengetahui seberapa berat barang bawaan Anda dan mempertimbangkan barang apa saja yang masih bisa dibawa dan yang tidak. Cara ini juga jadi bisa menghemat waktu bongkar-muat barang dari dalam koper atau tas.

4. Masukkan semua ke koper
Cara ini bisa membuat Anda tidak perlu membawa beban berat ke dalam kabin pesawat, namun terkadang membuat berat bagasi bawaan Anda menjadi berlebih. Hampir setiap maskapai membolehkan untuk membawa tas atau barang bawaan pribadi seberat maksimal 7 kg. Manfaatkan dengan baik ketentuan ini, karena sedikit repot dan berat dengan barang bawaan saat di kabin lebih baik dibandingkan membayar kelebihan bagasi.

5. Beli baju di tempat tujuan
Cukup bawa sedikit baju dari rumah dan beli sisanya di destinasi tujuan. Cara ini bisa menghemat biaya bagasi saat berangkat. Namun tetap perlu diingat prinsip packing untuk pulang. Bahkan,  beberapa traveler menyumbangkan baju yang mereka beli di daerah tujuan yang tidak akan mereka pakai lagi. Trik ini bisa menghemat berat bagasi juga.

6. Kirim oleh-oleh

Biaya pengiriman melalui pos atau kurir logistik umumnya lebih murah dibandingkan Anda membawa sendiri dan membayar biaya bagasi di bandara. Jika inginoleh-oleh tiba secara bersamaan dengan tibanya Anda, belilah oleh-oleh beberapa hari sebelum pulang lalu kirimkan. Namun, jika Anda berlibur ke luar negeri dan ongkos kirim cukup mahal, coba cari barang-barang tersebut di situs penjualan antar negara seperti e-Bay atau Amazon, barangnya asli dari negara itu dan banyak yang menawarkan gratis pengiriman.

7. Pakai langsung

Jika Anda memiliki celana jeans dan sweater atau jaket yang cukup tebal, sebaiknya langsung dikenakan. Cara ini tidak hanya membuat barang yang terbawa menjadi sedikit tapi juga mengurangi beban bawaan. Sebab, berat barang yang menempel di tubuh tidak dihitung sebagai berat bagasi.
(tdy)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak