Jangan Konsumsi Jeruk setelah Makan, Ini Efeknya bagi Kesehatan

Minggu, 04 Februari 2024 - 11:33 WIB
loading...
Jangan Konsumsi Jeruk setelah Makan, Ini Efeknya bagi Kesehatan
Apakah Anda suka makan jeruk setelah makan? Kebiasaan ini memberi efek pada masalah kesehatan. Foto/ shutterstock
A A A
JAKARTA - Apakah Anda suka makan jeruk setelah makan? Ini menjadi kebiasaan yang dilakukan banyak orang. Namun, ternyata konsumsi jeruk usai makan tidak disarankan.

Jeruk , lemon, limau atau grapefruits atau kelompok buah-buahan yang termasuk dalam keluarga rutaceae dan kaya akan vitamin C. Ini adalah antioksidan kuat yang mendukung sistem kekebalan tubuh, membantu pembentukan kolagen dan membantu penyerapan zat besi.



Jeruk mengandung serat makanan sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan dengan mencegah sembelit dan mendukung mikrobioma usus yang sehat.

Kalium dalam buah jeruk dapat berkontribusi menjaga tingkat tekanan darah yang sehat, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Vitamin C dalam buah jeruk berkontribusi terhadap kesehatan kulit dengan melindungi dari stres oksidatif dan meningkatkan sintesis kolagen.

Kandungan serat dalam buah jeruk dapat membantu pengelolaan berat badan dengan meningkatkan rasa kenyang dan mengatur nafsu makan.

Buah jeruk memiliki kandungan air yang tinggi sehingga berkontribusi terhadap hidrasi, terutama bila dikonsumsi sebagai buah utuh atau dalam bentuk jus segar. Dikutip Health Shots, berikut efek konsumsi jeruk setelah makan.

Efek konsumsi jeruk setelah makan

1. Dampak asam pada pencernaan

Buah jeruk bersifat asam, dan mengonsumsinya segera setelah makan siang dapat mengganggu pencernaan bagi sebagian orang. Keasaman dapat menyebabkan ketidaknyamanan, gangguan pencernaan, atau mulas, terutama pada mereka yang rentan terhadap refluks asam.

2. Tertundanya penyerapan nutrisi

Adanya senyawa tertentu pada buah jeruk dapat menghambat penyerapan nutrisi tertentu bila dikonsumsi langsung setelah makan. Hal ini dapat mempengaruhi ketersediaan hayati mineral dan vitamin esensial. Senyawa dalam buah jeruk yang dapat mempengaruhi penyerapan nutrisi antara lain polifenol, tanin, dan oksalat.

Senyawa-senyawa ini, meskipun secara umum menyehatkan dan kaya akan antioksidan, dapat membentuk kompleks dengan mineral seperti kalsium dan zat besi, sehingga berpotensi mengurangi penyerapannya bila dikonsumsi dalam jumlah banyak segera setelah makan.

Meskipun efek ini mungkin tidak signifikan bagi kebanyakan orang dengan pola makan seimbang, mereka yang memiliki masalah atau kekurangan nutrisi tertentu mungkin perlu memperhatikan komposisi makanan mereka secara keseluruhan dan waktu konsumsi buah jeruk.

3. Fluktuasi gula darah

Meskipun buah jeruk mengandung gula alami, memakannya setelah makan siang dapat menyebabkan lonjakan cepat dan penurunan kadar gula darah. Hal ini dapat berkontribusi pada perasaan lelah atau mengidam camilan tambahan.

4. Potensi penambahan berat badan

Buah jeruk, meski memiliki manfaat kesehatan, mengandung kalori. Mengonsumsinya secara berlebihan, terutama setelah makan, dapat menyebabkan asupan kalori melebihi pengeluaran energi, sehingga berpotensi menyebabkan penambahan berat badan seiring berjalannya waktu.

5. Ketidaknyamanan saluran cerna

Beberapa orang mungkin mengalami ketidaknyamanan pencernaan, seperti kembung atau gas, saat mengonsumsi buah jeruk setelah makan, terutama jika mereka memiliki sistem pencernaan yang sensitif.


6. Interaksi dengan obat-obatan

Buah jeruk dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, sehingga memengaruhi penyerapan atau efektivitasnya, kata sang ahli. Mengkonsumsinya setelah makan siang tanpa mempertimbangkan potensi interaksi dapat berdampak pada efek terapeutik obat yang diharapkan. Buah jeruk, khususnya jeruk bali, dapat berinteraksi dengan berbagai obat.

Memasukkan buah jeruk ke dalam makanan Anda dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, namun pastikan untuk tidak memakannya segera setelah makan. Tunggu selama 30 menit atau satu jam, lalu makan jeruk.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2118 seconds (0.1#10.140)