7 Perlengkapan Naik Gunung yang Wajib Dibawa, Peralatan Masak Jangan Ketinggalan

Senin, 05 Februari 2024 - 18:58 WIB
loading...
7 Perlengkapan Naik Gunung yang Wajib Dibawa, Peralatan Masak Jangan Ketinggalan
Bagi pemula, perlengkapan naik gunung ini hendaknya disiapkan sebaik mungkin. Tujuannya agar selamat selama mendaki. Foto/ MNC Media.
A A A
JAKARTA - Bagi pemula, perlengkapan untuk naik gunung ini hendaknya disiapkan sebaik mungkin. Tujuannya, agar selamat selama mendaki gunung.

Alam liar sulit diprediksi. Cuaca bisa berubah sewaktu-waktu. Bahkan, medan yang berat selama pendakian bisa berakibat musibah bila tidak siap dalam teknik maupun perlengkapan.

Nah, buat yang masih pemula, simak perlengkapan untuk naik gunung yang wajib dibawa berikut ini:

Perlengkapan untuk Naik Gunung

1. Peta dan Alat Navigasi

Ketika berada di alam terbuka yang terlihat tidak familiar, diperlukan peta dan alat navigasi handal yang dapat membantumu dan kawan-kawan tiba di pos gunung selama pendakian. Jika ragu untuk melanjutkan perjalanan, gunakanlah fitur GPS di smartphone untuk membantumu menemukan kembali ke jalur pendakian.

2. Alas Kaki untuk Mendaki

Salah satu peralatan mendaki gunung yang sangat penting untuk dibawa adalah alas kaki untuk mendaki. Pakailah sepatu gunung atau sandal gunung guna memastikan keamanan dan kenyamanan selama mendaki.

Sandal gunung cocok dipakai saat melewati medan tanah, berair hingga bebatuan. Sementara, sepatu gunung lebih direkomendasikan ketika menelusuri trek-trek yang berpasir, terjal atau licin.

3. Peralatan Masak
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1633 seconds (0.1#10.140)