Sandiaga Uno Sujud Syukur, Kunjungan Wisman Lampaui Target

Senin, 05 Februari 2024 - 20:31 WIB
loading...
Sandiaga Uno Sujud Syukur, Kunjungan Wisman Lampaui Target
Menparekraf Sandiaga Uno sujud syukur lantaran kunjungan wisatawan mancanegara 2023 capai target. Foto/ MPI
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bersyukur lantaran kunjungan wisatawan mancanegara 2023 capai target. Hal itu berdasarkan data BPS.

"Kunjungan wisman pada Desember 2023 mencapai 1,14 juta kunjungan, naik signifikan lebih dari 20 persen. Dan wisman Desember dari Januari-Desember 2023, yaitu 11,7 juta kunjungan. Ini berhasil melampaui target pertama, ini kita harus revisi kedua kali," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief with Sandiaga Uno (WBSU), Senin (5/2/2024).



Sandiaga Uno menjelaskan, dibandingkan dengan target 2023, maka meningkat dua kali lipat. Diketahui jumlah kunjungan wisatawan yang dipatok Kemenparekraf pada 2023, yakni 8,5 juta kunjungan.

"Kalau dibandingkan dengan target kita di atas hampir dua kali lipat dari target batas bawah dan hampir 40 persen di atas target batas atas," jelasnya.

Adapun lima negara terbanyak yang berkunjung ke Indonesia. Yakni Malaysia, Australia, Singapura, Tiongkok, dan Timor Leste. Rata-rata wisman yang tinggal saat berlibur 7-12 malam.

"Mereka stay longer di sini dan April rata-rata mencapai 12,4 malam dan tingkat hunian kamar di sini mencapai 59,74 persen. Untuk klasifikasi non bintang masih rendah dan akan kita terus kita pompa," bebernya.



Kunjungan wisman yang mencapai target ini membuat Sandiaga mengaku senang dan bersyukur. Dalam kesempatan itu dia pun bersujud syukur atas pencapaian tersebut.

"Terima kasih, dan saya akan merencanakan kunjungan ke beberapa negara untuk menyemarakan sehingga pada hasilnya kita bisa capai angka sebelum pandemi yaitu 17 juta," ujar dia.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)