Eksotisnya Gua dan Padang Savana di Pantai Pulisan Minahasa Utara

Kamis, 21 Juni 2018 - 22:58 WIB
Eksotisnya Gua dan Padang Savana di Pantai Pulisan Minahasa Utara
Eksotisnya Gua dan Padang Savana di Pantai Pulisan Minahasa Utara
A A A
MINAHASA UTARA - Waktu liburan panjang bagi para pegawai negeri dan swasta sudah selesai. Tapi masa liburan untuk anak-anak sekolah belum usai. Guna mengisi waktu kosong, lokasi liburan yang indah, seperti objek wisata pantai di Minahasa Utara jadi buruan wisatawan. Salah satunya yang masih dipadati pengunjung adalah pantai Pulisan.

Pantai yang terletak di Desa Pulisan, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara itu, jarang terlihat sepi apalagi ketika hari libur. Kabarnya, pantai yang menjadi area wisata itu memiliki luas lebih kurang 3 hektare. Saking luasnya itulah sehingga kawasan ini menyajikan arena petualangan yang cukup lengkap sehingga para pengunjungnya mengaku tak kecewa dengan beragam pesonanya.

“Pokoknya puas, banyak pilihan spot untuk selfie. Tinggal bagaimana kitanya mau jalan apa tidak,” kata Nia Lamusa, salah satu pengunjung Pantai Pulisan.

Mahasiswi yang kuliah di Yogyakarta itu menjelaskan, keindahan pantai berpasir putih itu sungguh menakjubkan. “Belum lagi jika orang yang berkunjung itu suka berenang, wah, komplit. Bisa mandi di gua dengan air yang super jernih. Pasti sangat puas,” kata dia penuh takjub.

Gua di kawasan ini menjadi bagian paling favorit. Disebut goa karena ada tebing batu yang berbentuk gua yang bersentuhan langsung dengan laut. Di gua ini banyak pengunjung yang mandi. Di sekitar gua juga terdapat tebing bebatuan abu-abu eksotis yang membuat pemandangan pantai ini semakin indah.

Pernyataan serupa disampaikan Tika, pengunjung lainnya. Menurut dia, di Pantai Pulisan juga ada sebuah padang yang indahnya luar biasa. Tapi ini jika mau mendaki bukit untuk melihat padang rumputnya.

Itu dilakukan jika telah puas dengan pantai dan bebatuan eksotisnya, bisa menikmati suasana beda dari pantai ini. Hanya perlu memanjat sekitar 50 meter, padang savanna akan memukau sepanjang mata memandang.

“Di sana ada padang savana yang indahnya luar biasa cantik. Penuh sensasi untuk selfie. Pokoknya indah banget,” tuturnya.

Pemandangan padang savanna yang berkolaborasi dengan pemandangan laut dan tepi pantai sungguh luar biasa. Dari kejauhan, pesisir Pantai Pulisan terlihat berwarna hijau toska, perpaduan pasir putih dan air laut.

Sungguh pemandangan yang memesona. Spot yang indah untuk mengabadikan diri di tempat yang indah ini.

Pasir pantai yang indah, bebatuan yang eksotis serta bukit savana yang memukau adalah dari sekian daya tarik yang ditawarkan di pantai Pulisan tersebut.

Untuk mencapai lokasi pantai ini, jaraknya kurang lebih 2 jam perjalanan dari Kota Manado arah ke Likupang Timur. Dari pusat kota Airmadidi Minahasa Utara, pengunjung harus berkendara sekitar 90 menit mengarah ke Likupang untuk tiba di pantai ini.

Biaya masuk ke lokasinya tidaklah mahal, satu rombongan kendaraan roda empat hanya dikenakan Rp15.000. Sedangkan untuk pengendara motor hanya Rp5.000. Areal parkir pantainya cukup luas, sehingga beberapa mobil dan sepeda motor berjajar rapi dan relatif aman.

Jika masih lelah usai menempuh perjalanan panjang, bisa menyewa pendopo dan tenda-tenda yang telah disediakan. Atau karena takut dengan sinar matahari yang terik, terdapat semacam saung untuk berlindung. Harganya juga relatif terjangkau berkisar Rp25.000—50.000 cukup untuk satu rombongan atau keluarga.

Masyarakat setempat menyewakan meja seharga Rp50.000. Barang bawaan Anda bisa dititipkan di sini jika akan naik perahu. Anda harus menyeberang dengan perahu, baru bisa menikmati eksotisnya pantai ini.

Dalam beberapa catatan, pantai yang dibuka pada akhir Maret 2014 itu memiliki garis pantai sepanjang 500 meter. Pasir putih yang halus menjadi ciri khas dan daya tarik tersendiri.

Begitu pula dengan ombaknya yang tenang menjadikannya rasa aman bagi yang ingin berenang. Sebelah barat pantai terdapat juga wisata hutan lindung dengan aneka ragam pohon yang berusia ratusan tahun yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Pantai Pulisan berbeda dibandingkan kawasan wisata pantai lainnya di Sulawesi Utara yang namanya telah tenar duluan. Tiga spot pemandangan pasir, batu serta padang savanna itulah yang membuatnya istimewa. Para pecinta bawah laut atau penyuka snorkeling akan puas bila melihat pemandangan bawah lautnya yang bagus. Tak perlu ke tempat yang dalam, karang yang indah bisa ditemukan tak jauh dari bibir pantai. So, jika berkunjung ke Sulut, mampirlah ke salah satu destinasi wisata yang satu ini, Pantai Pulisan.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1774 seconds (0.1#10.140)