Divonis Kanker, Raja Charles Mulai Jalani Perawatan Medis Terkait Prostat

Selasa, 06 Februari 2024 - 08:08 WIB
loading...
Divonis Kanker, Raja Charles Mulai Jalani Perawatan Medis Terkait Prostat
Raja Charles III didiagnosis mengidap kanker. Namun, belum diketahui jenis kanker yang diidapnya. Foto/Dok Reuters
A A A
LONDON - Istana Buckingham mengumumkan bahwa Raja Charles III mengidap kanker. Namun, belum diketahui jenis kanker yang diidapnya.

Melansir Variety, diagnosa kanker diumumkan setelah Raja Charles dalam masa perawatan terkait pembesaran prostat.

Pihak Istana Buckingham mengungkap bahwa Raja Charles mulai menjalani perawatan atas penyakit yang dideritanya mulai Senin (5/2/2024) waktu setempat. Selama menjalani pengobatan, dokter menyarankan agar raja Inggris itu menunda tugas-tugasnya yang berhubungan dengan publik.



Namun, pihak Istana mengonfirmasi bahwa Raja Charles tetap akan menjalankan tugas negara seperti biasanya. Raja akan melanjutkan peran konstitusionalnya sebagai kepala negara, termasuk urusan administrasi dan pertemuan pribadi.

"Tes diagnostik selanjutnya telah mengidentifikasi suatu bentuk kanker. Yang Mulia hari ini (Senin) telah memulai jadwal perawatan rutin, dan selama itu beliau telah disarankan oleh dokter untuk menunda acara-acara yang berhubungan dengan publik. Selama periode ini, Yang Mulia akan terus menjalankan urusan negara dan urusan resmi seperti biasa,” kata pihak Istana, dikutip Selasa (6/2/2024).

Sementara itu, Raja Charles III memuji langkah cepat tim medis yang mendiagnosa kanker di dalam tubuhnya. Istana Buckingham juga mengungkapkan bahwa Raja Charles III tetap bersikap positif menjalani proses penyembuhan.

"Raja berterima kasih kepada tim medisnya atas intervensi cepat mereka, yang dimungkinkan berkat prosedur rumah sakit baru-baru ini. Dia tetap bersikap positif terhadap perlakuan yang diterimanya dan berharap dapat kembali menjalankan tugas publik secepat mungkin," ujar pihak Istana.



Raja Charles pun menyetujui untuk mengumumkan secara resmi tentang penyakit yang dideritanya. Selain mencegah beragam spekulasi, sang raja ingin meningkatkan kesadaran publik tentang kanker.

"Yang Mulia telah memilih untuk membagikan diagnosisnya untuk mencegah spekulasi dan dengan harapan dapat membantu pemahaman publik bagi semua orang di seluruh dunia yang terkena dampak kanker," katanya.

Raja Charles dirawat di rumah sakit untuk prosedur prostat pada saat yang sama ketika menantu perempuannya, Kate Middleton, menjalani operasi perut karena kondisi medis yang dirahasiakan. Raja 75 tahun itu terlihat untuk pertama kali di depan umum setelah prosedurnya pada hari Minggu (4/2/2024), ketika dia pergi ke gereja bersama istrinya Camilla Parker Bowles.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1349 seconds (0.1#10.140)