Kabur dari Perang, 103 Pasukan Myanmar Lari ke Bangladesh

Selasa, 06 Februari 2024 - 09:23 WIB
loading...
Kabur dari Perang, 103 Pasukan Myanmar Lari ke Bangladesh
Sebanyak 103 personel pasukan keamanan Myanmar kabur dari perang melawan tentara etnis minoritas dan lari ke Bangladesh. Foto/REUTERS
A A A
DHAKA - Lebih dari 100 personel pasukan keamanan Myanmar melarikan diri ke Bangladesh. Mereka menghindari perang melawan tentara etnis minoritas.

Ini adalah insiden langka dan baru pertama kalinya pasukan Myanmar melarikan diri ke negara lain. Kejadian ini diungkap seorang pejabat badan perbatasan Bangladesh pada hari Senin.

Pasukan keamanan yang melarikan diri meninggalkan pos mereka adalah para anggota Polisi Penjaga Perbatasan Myanmar.

Juru bicara Penjaga Perbatasan Bangladesh, Shariful Islam, mengatakan pasukan Myanmar masuk dalam dua hari terakhir selama pertempuran dengan Tentara Arakan di negara bagian Rakhine—wilayah Myanmar yang berbatasan dengan Bangladesh.



Menurutnya, ada 103 personel pasukan Myanmar yang masuk ke Bangladesh melalui perbatasan Tombru di distrik Bandarban.

“Mereka telah dilucuti dan dibawa ke tempat yang aman,” katanya.

Pemerintah militer Myanmar belum memberikan komentar mengenai hal ini.

Juga pada hari Senin, media Bangladesh mengatakan dua orang—seorang wanita Bangladesh dan seorang pengungsi Rohingya—tewas dalam penembakan oleh pasukan Myanmar setelah sebuah rumah di Bandarban diserang.

Menteri Hukum Bangladesh, Anisul Huq, mengatakan kepada Parlemen bahwa Perdana Menteri Sheikh Hasina telah menginstruksikan penjaga perbatasan militer dan paramiliter untuk bersabar dalam menangani ketegangan di perbatasan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1599 seconds (0.1#10.140)