Kemenparekraf Gencarkan Media Digital F1 Powerboat untuk Dongkrak Kunjungan Wisman ke Danau Toba

Rabu, 07 Februari 2024 - 14:41 WIB
loading...
Kemenparekraf Gencarkan Media Digital F1 Powerboat untuk Dongkrak Kunjungan Wisman ke Danau Toba
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan, pemanfaatan media digital dalam perhelatan F1 Powerboat tahun ini akan terus digencarkan. Foto/MPI/Devi Patricia
A A A
JAKARTA - Kesuksesan pergelaran F1 Powerboat World Championship tahun lalu yang diselenggarakan di Danau Toba, Sumatera Utara, menjadi angin segar untuk industri pariwisata Indonesia. Dengan kesuksesan tersebut, kini ajang F1 Powerboat akan kembali digelar pada 2-3 Maret 2024 di kawasan Danau Toba. Tentu ajang berkualitas ini bakal memberikan dampak ekonomi dari sektor pariwisata yang sangat signifikan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan, pemanfaatan media digital dalam perhelatan F1 Powerboat tahun ini akan terus digencarkan. Sebab berdasarkan pengalaman tahun lalu, total penonton F1 Powerboat dari media digital tembus hingga jutaan.

Hal ini dapat menjadi kesempatan emas untuk memamerkan keindahan alam Sumatera Utara guna meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) khususnya ke Danau Toba.



“Yang nonton di sana (secara langsung) memang mungkin 100-200 ribu, tapi yang nonton dari media digital itu jutaan. Dan impresi tampilan Danau Toba dari media digital ini ternyata mendorong peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di Indonesia,” beber Sandiaga Uno dalam Konferensi Pers F1 PowerBoat, Rabu (7/2/2024).

Sandiaga Uno menjelaskan, sepanjang 2023, Indonesia mengalami peningkatan kunjungan wisatawan sebanyak 11,7 juta. Peningkatan tersebut berhasil didapatkan salah satunya melalui pagelaran event berstandar internasional seperti F1 PowerBoat.

“Tahun 2023 ini tahun yang patut disyukuri. Selain karena data Januari-Desember yang baru dirilis BPS bahwa kami meningkatkan kunjungan sampai 11,7 juta,” jelas Sandiaga.

Sandiaga Uno pun menyatakan bahwa Kemenparekraf akan terus memfasilitasi pembangunan sarana dan prasarana yang ada di kawasan Danau Toba. Ia menjelaskan, hotel-hotel serta berbagai fasilitas penunjang lain siap dibangun dengan fasilitas kelas dunia.

“Hotel-hotel terus dibangun. Selain yang di Samosir, ada juga beberapa yang mengajukan kepada kami dan terus akan kami fasilitasi untuk membangun fasilitas kelas dunia di Danau Toba,” ujarnya.

Terlebih sebelumnya Indonesia, khususnya Danau Toba, telah dinobatkan sebagai tuan rumah terbaik dari penyelenggaraan F1 PowerBoat di tahun 2023. Hal tersebut membuka peluang yang sangat besar bagi sektor ekonomi dan pariwisata dengan menawarkan berbagai keindahan serta kentalnya kebudayaan Suku Batak ke kancah internasional.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2223 seconds (0.1#10.140)