4 Fakta Menarik Barongsai, Atraksi Singa yang Jadi Ikon Imlek

Jum'at, 09 Februari 2024 - 15:28 WIB
loading...
4 Fakta Menarik Barongsai, Atraksi Singa yang Jadi Ikon Imlek
Terdapat fakta-fakta menarik dari Barongsai yang sangat identik dengan momen perayaan Imlek. Foto/ vecteezy.
A A A
JAKARTA - Terdapat fakta-fakta menarik dari Barongsai yang sangat identik dengan momen perayaan Imlek.

Biasanya, atraksi Barongsai masuk dalam rangkaian acara untuk menyemarakan Imlek. Kehadirannya selalu dinanti karena menampilkan pertunjukan atraktif yang tentunya menghibur.



Terlepas dari statusnya sebagai pertunjukan yang populer, Barongsai ini memiliki banyak fakta menarik. Disarikan dari berbagai sumber, Kamis (8/2/2024), berikut beberapa di antaranya.

Fakta Menarik Barongsai

1. Penamaan Barongsai

Barongsai memang berakar di China. Namun, kesenian tersebut telah menyebar ke penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Mengutip laman Jadesta Kemenparekraf, Barongsai sebenarnya disebut dengan nama ‘Wu Shi’ di China. Sementara untuk penyebutannya secara internasional adalah ‘Lion Dance’.

Lebih jauh, nama ‘Barongsai’ sendiri merupakan hasil akulturasi budaya Indonesia dan Tionghoa. ‘Barong’ berasal dari kata Bali Barong, sedangkan ‘Sai’ dalam bahasa Hokkian berarti singa.

2. Punya Aliran Berbeda

Pada persebarannya, kesenian asal China ini memang bisa mengalami sejumlah penyesuaian dengan kebudayaan asli negara penerimanya. Kendati begitu, versi asli dari Negeri Tirai Bambu punya dua aliran, yaitu gaya utara dan selatan.

Mengutip laman China Highlights, gaya utara memiliki hubungan dengan seni bela diri khas China, yaitu Kungfu. Pertunjukannya menampilkan lebih banyak atraksi seperti berguling, melompat, memanjat hingga bersujud.

Pada gaya selatan, aliran ini berasal dari Guangdong dan menjadi populer juga di Hong Kong. Pada pertunjukannya, kesenian ini menampilkan banyak gerakan-gerakan seperti singa yang menghibur. Misal, seperti mencakar, menggoyangkan badan hingga melakukan keterampilan lainnya.

3. Makna Barongsai

Keberadaan Barongsai tak hanya ditujukan sebagai hiburan semata. Kesenian ini juga diketahui memiliki simbol dan makna tertentu.

Menurut kepercayaan masyarakat China, singa dianggap sebagai perlambang kekuatan dan keberanian. Maka dari itu, tarian Barongsai diselenggarakan untuk mengusir roh jahat serta membawakan kemakmuran dan keberuntungan bagi masyarakat China.


4. Punya Perlengkapan Beragam

Pada pelaksanaannya, satu Barongsai biasanya digerakan oleh dua orang. Masing-masing berada di bagian kepala dan kaki Barongsai.

Tak hanya kostum, atraksi Barongsai juga memerlukan sejumlah perlengkapan lain. Sebut saja seperti iringan musik yang meriah serta tempat yang lapang agar lebih leluasa ketika tampil.

MG/ Lutfan Faizi
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1322 seconds (0.1#10.140)