Rutin Berlatih Yoga Perlancar Aliran Darah dan Metabolisme

Selasa, 03 Juli 2018 - 14:30 WIB
Rutin Berlatih Yoga Perlancar Aliran Darah dan Metabolisme
Rutin Berlatih Yoga Perlancar Aliran Darah dan Metabolisme
A A A
JAKARTA - Yoga merupakan olahraga yang tengah digandrungi masyarakat modern. Olahraga ini menitik beratkan pada tubuh dan pikiran. Jika sebelumnya yoga hanya dikenal sebagai olahraga meditasi, kini yoga juga dipercaya dapat membakar kalori lebih banyak dibandingkan olahraga lainnya.

Pada dasarnya, yoga memiliki beragam jenis dan gerakan. Dimana setiap jenisnya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan diantaranya membantu menenangkan pikiran, mengendalikan stres dan gelisah. Dilansir dari Times of India, berikut manfaat yoga bagi kesehatan.

1. Meningkatkan metabolisme
Berlatih yoga secara rutin mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Ini berkat gerakan yoga yang dilakukan. Metabolisme yang baik, maka tubuh pun menjadi lebih bugar.

2. Memperlancar aliran darah
Fokus dan rileks saat berlatih yoga dapat memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh. Seperti handstand, yang dapat membantu darah vena dari bagian bawah tubuh mengalir kembali ke jantung. Selain itu, darah juga dapat dipompa kembali ke paru-paru sehingga mendapat pasokan oksigen.

3. Menurunkan kadar gula darah
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa yoga ampuh menurunkan gula darah. Bahkan tak hanya gula darah, latihan yoga secara rutin juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang bisa menjadi faktor penyebab penyakit jantung dan stroke.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6484 seconds (0.1#10.140)