Renang Bantu Kurangi Masalah Asma

Rabu, 04 Juli 2018 - 18:30 WIB
Renang Bantu Kurangi Masalah Asma
Renang Bantu Kurangi Masalah Asma
A A A
JAKARTA - Menderita asma bukanlah halangan seseorang untuk berolahraga. Meski berolahraga terkadang menjadi salah satu penyebab asma kambuh. Namun, persiapan matang dan pemilihan olahraga yang tepat bisa membantu menghindari penyakit asma.

Dari beragam jenis olahraga, renang merupakan olahraga yang tepat untuk penderita asma. Dilansir Live Strong, jenis olahraga ini sangat dianjurkan untuk memperkuat otot pernapasan penderita asma, mengurangi intensitas kekambuhan asma, meningkatkan kesehatan jantung dan kebugaran tubuh.

Hal ini terbukti melalui banyak penelitian, di mana renang secara rutin bisa memperbaiki fungsi paru penderita asma dan udara yang dihirup saat renang akan mengurangi keringnya saluran pernapasan penyebab kambuhnya asma. Meski memberikan banyak manfaat, namun perhatikan lokasi kolam renang.

Penderita asma dianjurkan berenang di kolam renang indoor atau dalam ruangan. Penelitian Scientific World Journal menyebutkan, penderita asma yang renang di kolam renang indoor selama enam bulan mengalami perbaikan fungsi paru-paru dibandingkan mereka yang tidak berenang.

Kolam renang terbuka dinilai dapat meningkatkan potensi alergen lebih tinggi karena udara sehingga asma mudah kambuh. Sementara, penelitian Cochrane Database of Systematic Reviews menunjukkan, olaraga berbasis air tidak membahayakan kesehatan penderita asma secara menyeluruh.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7077 seconds (0.1#10.140)
pixels