Waspada Risiko Penderita Diabetes Pakai Sandal Jepit saat Hujan

Senin, 12 Februari 2024 - 16:05 WIB
loading...
Waspada Risiko Penderita Diabetes Pakai Sandal Jepit saat Hujan
Ada risiko yang harus diwaspadai bagi penderita diabetes memakai sandal jepit saat hujan. Meski nyaman, kebiasaan ini bisa menyebabkan masalah kesehatan serius. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Ada risiko yang harus diwaspadai bagi penderita diabetes memakai sandal jepit saat hujan. Meski nyaman untuk melangkah, namun kebiasaan ini tanpa disadari bisa menyebabkan masalah kesehatan serius.

Dokter spesialis penyakit dalam, dr. Doddy Rizki Nugraha mengatakan bahwa penderita diabetes perlu memperhatikan keamanan kesehatan mereka dalam berbagai situasi. Termasuk saat hujan dan menggunakan sandal jepit .

Di Instagram pribadinya, dr. Doddy menjelaskan bahwa penggunaan sendal jepit dapat menyebabkan kaki tergores hingga luka. Jika terjadi di musim hujan, maka luka akan berisiko tinggi mengalami infeksi



"Hindari sendal jepit bagi pasien diabetes. Terlebih musim hujan seperti ini kulit kaki jadi lembab, gatal, kuman mudah nempel," kata dr. Doddy dikutip dari Instagram pribadinya, Senin (12/2/2024).

"Kasus luka diabetes meningkat di musim hujan karena kaki jadi mudah infeksi, luka, tergores, dan lainnya," sambungnya.

Luka pada penderita diabetes, dijelaskan dr. Doddy berpotensi menyebabkan amputasi. Dia pun mengimbau agar para penderita diabetes senantiasa menggunakan alas kaki yang nyaman. Seperti halya sandal dengan desain slip.



Di mana desain tersebut harus didesain dengan bagian depannya tidak sempit, alas yang empuk, dan bagian tepi sandal terlindung. Sandal khusus diabetes sendiri banyak tersedia di pasaran.

"Ketika menyandang status sebagai diabetes, kaki bagaikan mahkota dan prinsip lebih baik mencegah daripada mengobati," jelasnya.

"Tidak perlu berdebat diabetes basah vs kering karena setiap pasien berisiko. Pilihlah alas kaki (khusus) apapun mereknya," pungkasnya.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1686 seconds (0.1#10.140)