Banjir Order di TikTok, Grosir Klamby Berdayakan Ribuan Pengrajin Fesyen Muslim Batik Lokal

Senin, 12 Februari 2024 - 03:00 WIB
loading...
Banjir Order di TikTok, Grosir Klamby Berdayakan Ribuan Pengrajin Fesyen Muslim Batik Lokal
Dalam keindahan warna dan corak yang memikat, Pekalongan berhasil menjadi sebagai kota di Indonesia yang dikenal sebagai pusat pengrajin batik terkemuka. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Dalam keindahan warna dan corak yang memikat, Pekalongan berhasil menjadi sebagai salah satu kota di Indonesia yang dikenal sebagai pusat pengrajin batik terkemuka. Kesadaran akan pentingnya memperkenalkan keunikan batik Pekalongan kepada dunia, telah mendorong pemerintah untuk mengambil langkah aktif mendukung digitalisasi usaha batik.

Inisiatif ini berhasil membangkitkan semangat para pelaku usaha batik lokal, termasuk diantaranya adalah Fatkhurrozaq, pemilik usaha Grosir Klamby, yang berkomitmen membantu pengrajin batik dan pekerja di Pekalongan dengan menghadirkan koleksi fesyen batik muslim yang tidak hanya menarik tetapi juga terus mengikuti tren masa kini dengan melakukan promosi akan produknya, salah satunya melalui platform TikTok.

Berawal di masa pandemi tahun 2022, Fatkhurrozaq membuktikan bahwa TikTok lebih dari sekedar platform hiburan, melainkan juga platform promosi yang efektif. Dengan strategi promosi yang diterapkan, Grosir Klamby mengalami pertumbuhan signifikan di mana jumlah pengrajin batik yang berhasil bergabung untuk bekerja sama meningkat drastis dari 50 menjadi 1.000 orang.

"Awalnya saya sering melihat istri sering menggunakan platform TikTok untuk hiburan hingga mencoba pengalaman berbelanja dengan gratis ongkos kirim. Nah, karena dilihat pengguna TikTok besar dan sangat mendukung berjualan dengan konsep berbeda, istri mendorong saya untuk berjualan di TikTok dan menawarkan baju batik terjangkau serta modis dengan gaya kasual dan multifungsi. Tidak hanya berhasil memberdayakan ribuan pengrajin, pendapatan kita pun jadi tumbuh berlipat ganda setiap tahunnya," ungkap pemilik Grosir Klamby Fatkhurrozaq.



Memiliki jumlah followers hingga 1.6 juta, strategi utama yang digunakan Grosir Klamby dalam mengoptimalkan bisnisnya adalah dengan terus meningkatkan kualitas konten video dan produk yang dipromosikan melalui akun TikTok-nya.

Antusiasme tinggi terhadap fesyen batik seperti kaftan, daster, mukena dan pakaian muslim lainnya yang diproduksi Grosir Klamby ternyata mendapat minat tinggi dari segmen muda dan dewasa terutama dalam momen hari raya. Misalnya, saat melakukan kampanye promosi Ramadhan 2023, penjualan produk batik muslim ini melonjak berkali-kali lipat, apalagi mengingat Indonesia sebagai salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

"Di perjalanan bisnis Grosir Klamby tentunya terdapat pasang surut, termasuk ketika fitur belanja di TikTok ditutup. Saat itu, kami terus bersemangat untuk menciptakan konten dan tetap menjalankan livestream karena kami memikirkan nasib para penjahit sekitar yang berdomisili di sekitar Kabupaten Batang, para pekerja pranggok batik, dan semua pihal yang bergantung mata pehancariannya terhadap Grosir Klamby," jelas Fatkhurrozaq.

Setelah fitur belanja di TikTok kembali aktif, tentunya omset penjualan bisnis dari Grosir Klamby berangsur membaik. Dengan adanya respon yang luar biasa dari pengguna TikTok, Grosir Klamby tidak hanya memberdayakan pengrajin saja tetapi juga mempekerjakan lebih banyak tim konten untuk memaksimalkan kehadiran mereka di TikTok.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1078 seconds (0.1#10.140)