alexametrics

Gigi Sudah Ompong di Usia 36 Tahun Berisiko Penyakit Jantung

loading...
Gigi Sudah Ompong di Usia 36 Tahun Berisiko Penyakit Jantung
Kesehatan gigi dangusi berhubungan dengan kesehatan jantung. Mereka yang sudah ompong di usia 3655 tahun berisiko tinggi mengalami penyakit jantung. (Doug Addison)
A+ A-
JAKARTA - Masalah kesehatan mulut tak hanya mempengaruhi kesehatan gigi dan gusi namun juga berhubungan dengan kesehatan jantung. Mereka yang banyak kehilangan gigi alias sudah ompong di usia 36—55 tahun berisiko tinggi mengalami penyakit jantung.

Dilansir dari Reuters, penelitian terbaru di Amerika Serikat menunjukkan, kehilangan minimal dua gigi di usia paruh baya yaitu 36-55 tahun meningkatkan risiko penyakit jantung. Tak tanggung-tanggung, risiko penyakit jantung dapat meningkat hingga 23%.

Penyebab gigi copot sendiri diduga karena adanya masalah kesehatan mulut. Sementara copotnya gigi karena peradangan gusi menjadi jalan masuknya kuman ke aliran darah sehingga menyebar ke jantung dan memicu komplikasi.

"Studi kami menambahkan bukti pada pola hubungan kesehatan mulut dan penyakit jantung. Orang-orang dewasa tua yang kehilangan lebih dari dua giginya akan lebih berisiko terhadap penyakit jantung," kata Dr Lu Qi dari Tulane University saat konferensi American Heart Association's Epidemiology and Prevention 2018.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak