Mengapa Bunga Mawar Merah Identik dengan Valentine? Jadi Simbol Cinta Berabad-abad

Rabu, 14 Februari 2024 - 06:00 WIB
loading...
Mengapa Bunga Mawar Merah Identik dengan Valentine? Jadi Simbol Cinta Berabad-abad
Bunga mawar merah menjadi salah satu hadiah yang identik di hari Valentine. Foto/ tmgrup.
A A A
JAKARTA - Hari Valentine jatuh pada 14 Februari 2024. Di momen Valentine ini, mungkin Anda sibuk menyiapkan hadiah untuk diberikan kepada orang terkasih, seperti bunga mawar merah dan coklat, di mana dua hadiah ini identik dengan hari kasih sayang.

Lantas, mengapa bunga mawar merah identik dengan Hari Valentine ? Ternyata selama berabad-abad, mawar merah telah menjadi simbol cinta dan romansa.



Bunga lembut namun berduri ini memiliki sejarah yang sarat makna pada Hari Valentine. Sejarah menunjukkan bahwa mawar adalah bunga yang sangat kuno, kemungkinan besar berasal dari Asia Tengah puluhan juta tahun yang lalu. Namun, beberapa kisah kuno yang menceritakan tentang bagaimana mawar dikaitkan dengan cinta. Beberapa yang paling terkenal berasal dari mitologi Yunani.

Menurut penyair Yunani Anacreon, mawar putih pertama kali muncul saat kelahiran Aphrodite, dewi cinta; dan dari darahnya mawar kemudian menjadi merah. Sang dewi melawan kekasihnya, Adonis, yang akan dianiaya oleh babi hutan saat berburu.

Dia melukai kakinya dengan beberapa duri mawar. Saat dia bergegas untuk memperingatkannya, bintik-bintik darah memercik di kelopak putih dan menodai mereka dengan warna merah. Sayang, dia terlambat menemui Adonis dan dia meninggal karena luka di kakinya.

Selama Era Victoria, bunga memiliki arti dan pesan yang berbeda. Warna mawar juga memiliki simbol-simbol yang masih berlaku sampai sekarang. Mawar merah adalah simbol cinta dan gairah. Mawar kuning melambangkan persahabatan. Mawar oranye melambangkan keinginan. Dan mawar merah muda melambangkan rasa terima kasih.

Mawar merah terus menjadi simbol gairah dan keintiman yang mendalam. Ini menunjukkan bahwa cinta bisa indah dan menyakitkan, seperti mawar merah dan durinya, tetapi juga bisa bertahan dalam ujian waktu.

Tradisi memberi mawar untuk Hari Valentine memiliki beberapa cerita di baliknya dan lagi-lagi berakar pada mitologi Yunani.



Sara Cleto, PhD, seorang folklorist dan salah satu pendiri Carterhaugh School of Folklore menjelaskan bahwa beberapa cerita mengatakan bahwa mawar merah pertama diciptakan ketika dewi Yunani Aphrodite tergores oleh duri mawar putih, menyebabkan mawar itu menjadi merah.

Mawar merah adalah mawar terbaik untuk Hari Valentine karena warnanya dikaitkan dengan gairah dan cinta romantis. Selain itu, mawar merah identik dengan kesan mewah dan sulit untuk didapatkan.

"Sebagian dari ini mungkin karena pewarna merah biasanya sangat mahal, sulit didapat. Semua faktor ini membuat warna merah terasa sangat diinginkan dan mewah,”ungkap Cleto.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1549 seconds (0.1#10.140)