Penting! Kenali 2 Jenis Dokumen Perjalanan Bisnis Ini

Kamis, 15 Februari 2024 - 11:24 WIB
loading...
Penting! Kenali 2 Jenis Dokumen Perjalanan Bisnis Ini
Ada dua jenis dokumen perjalanan bisnis yang diperlukan, yaitu dokumen internal dan eksternal. Foto/ MNC Media
A A A
JAKARTA - Merencanakan perjalanan bisnis tidak akan lepas dari kepengurusan dokumen yang penting karena dokumen perjalanan bisnis yang lengkap dapat memastikan proses perjalanan bisnis perusahaan Anda berjalan lancar tanpa hambatan. Ada dua jenis dokumen perjalanan bisnis yang umumnya diperlukan, yaitu dokumen internal dan eksternal perjalanan bisnis. Keduanya berperan penting dalam memastikan perjalanan bisnis berjalan lancar dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Dokumen Internal

Jenis dokumen ini biasanya dikeluarkan dari pihak internal perusahaan atau departemen internal di sebuah perusahaan yang umumnya berisi informasi dan persyaratan tertentu yang harus dipenuhi oleh karyawan yang akan melaksanakan perjalanan bisnis. Dokumen internal ini di antaranya adalah:

1. Persetujuan perjalanan dinas
Berisi tentang persetujuan dari pihak internal perusahaan yang mendelegasikan Anda atau tim dalam perjalanan bisnis.
2. Rencana perjalanan bisnis
Berisi destinasi dan agenda perjalanan bisnis yang akan dilakukan oleh Anda sebagai karyawan.
3. Daftar perjalanan bisnis
Dokumen yang berisi informasi tentang karyawan yang akan melakukan perjalanan bisnis, termasuk nama, jabatan, dan tujuan perjalanan.
4. Laporan perjalanan bisnis
Berisikan informasi yang lebih rinci tentang pengeluaran selama perjalanan bisnis berlangsung.

Dokumen Eksternal

Dokumen eksternal berasal dari pihak luar perusahaan seperti pihak akomodasi (hotel), transportasi, (pesawat, kereta, atau penyewaan kendaraan), dan pihak imigrasi. Dokumen eksternal biasanya akan mendukung penyelesaian laporan perjalanan bisnis yang nantinya akan diserahkan ke pihak internal perusahaan. Dokumen eksternal di antaranya adalah:

1. Tiket pesawat
Dokumen resmi yang dikeluarkan oleh maskapai penerbangan sebagai bukti pembelian perjalanan menggunakan pesawat.
2. Voucher hotel
Biasanya voucher ini berisi informasi hotel yang akan jadi tempat menginap Anda selama melakukan perjalanan bisnis.
3. Paspor dan visa
Dua dokumen penting yang wajib Anda miliki sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri. Pastikan paspor masih berlaku atau segera perbarui jika sudah mendekati batas tanggal masa berlaku.

Setelah mengetahui perbedaan jenis dokumen ini Anda jadi lebih mudah memprioritaskan dokumen apa yang harus segera diurus. Khusus dokumen eskternal Anda dapat menggunakan jasa travel agent untuk menghemat waktu.

AladinTravel by Mister Aladin siap membantu Anda memenuhi kebutuhan perjalanan bisnis dengan menawarkan layanan one-stop travel service salah satunya membantu pengurusan dokumen perjalanan seperti paspor dan visa. Selain itu anda dapat memesan tiket pesawat, tike kereta, hotel, dan paket tur untuk kebutuhan perjalanan bisnis Anda.

AladinTravel by Mister Aladin juga menyediakan paket wisata religi, layanan premium VIP services, serta melakukan perencanaan dan budgeting perjalanan perusahaan dengan lebih mudah dan efisien melalui AladinTravel Booking System (ATBS). Melalui sistem ini, Anda dapat melakukan pemesanan secara mandiri dengan konfirmasi instan.

Supaya perencanaan perjalanan bisnis Anda semakin matang, Anda dapat memilih layanan implant, yaitu penempatan satu orang ahli yang siap membantu Anda dan perusahaan saat akan merencanakan acara MICE.

Hingga saat ini, AladinTravel by Mister Aladin sudah tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, dan Bali.

Hubungi hotline wa.me/628118280808 dan nikmati kemudahan dan keuntungan dalam layanan AladinTravel by Mister Aladin. Jadikan perencanaan perjalanan bisnis Anda lebih mudah dan praktis bersama AladinTravel by Mister Aladin.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1060 seconds (0.1#10.140)