AS Bakal Kerahkan 5 Kapal Induk untuk Unjuk Kekuatan pada China

Kamis, 15 Februari 2024 - 13:25 WIB
loading...
AS Bakal Kerahkan 5 Kapal Induk untuk Unjuk Kekuatan pada China
Amerika Serikat berencana mengerahkan lima kapal induk ke Indo-Pasifik untuk unjuk kekuatan pada China dan Korea Utara. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) berencana untuk mengerahkan lima kapal induk ke Pasifik barat tahun ini. Para analis mengatakan rencana itu sebagai unjuk kekuatan terhadap China dan Korea Utara (Korut).

Tiga kapal induk Amerika sudah beroperasi di Samudra Pasifik bagian barat, dan dua lagi sedang dalam perjalanan.

Kedatangan mereka akan menandai pertama kalinya lima dari 11 kontingen kapal induk Washington beroperasi di wilayah tersebut.

Kapal induk USS Abraham Lincoln—bagian dari Armada Pasifik Angkatan Laut AS—terlihat keluar dari pelabuhan asalnya di San Diego, California, dan berlayar menuju Pasifik barat pada 5 Februari, menurut Fleet and Marine Tracker dari Institut Angkatan Laut AS.

Kapal induk USS George Washington juga diperkirakan akan dikerahkan ke wilayah tersebut untuk menggantikan kapal induk USS Ronald Reagan, yang akan direlokasi dari Yokosuka, Jepang, untuk pemeliharaan di galangan kapal Angkatan Laut Puget Sound di Washington.



USS George Washington adalah kapal induk bertenaga nuklir pertama yang dikerahkan ke Jepang, di mana ia bertugas dari tahun 2008-2015 sebelum digantikan oleh kapal induk USS Ronald Reagan untuk pengisian bahan bakar paruh baya di dua reaktornya, serta perbaikan, peningkatan dan modernisasi.

Selain USS Ronald Reagan, kapal induk USS Carl Vinson dan kapal induk USS Theodore Roosevelt masing-masing ditempatkan di Guam dan Hawaii pada hari Senin lalu dan diperkirakan akan berada di Pasifik barat pada April hingga Juli.

Bulan lalu, kelompok tempur USS Theodore Roosevelt dan USS Carl Vinson mengambil bagian dalam Multi-Large Deck Event dengan Jepang di Laut Filipina yang mencakup peningkatan operasi komunikasi maritim, operasi perang udara, dan operasi penerbangan lintas dek.

"Latihan itu dimaksudkan untuk memperkuat operasi maritim terintegrasi di laut dan kesiapan tempur," kata Menurut Armada ke-7 Angkatan Laut AS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1181 seconds (0.1#10.140)