Gaji di Arab Saudi Naik 6 Persen, Partisipasi Perempuan Meningkat 36 Persen

Kamis, 15 Februari 2024 - 14:43 WIB
loading...
Gaji di Arab Saudi Naik 6 Persen, Partisipasi Perempuan Meningkat 36 Persen
Gaji di Arab Saudi diperkirakan akan meningkat rata-rata 6 persen pada tahun 2024. Ilustrasi: Gulf News
A A A
Gaji di Arab Saudi diperkirakan akan meningkat rata-rata 6 persen pada tahun 2024. Sementara itu, tingkat partisipasi perempuan di pasar tenaga kerja terus meningkat pesat.

Gulf News mengutip sebuah laporan mengungkapkan proyeksi ini muncul di tengah upaya Kerajaan Arab Saudi untuk mendiversifikasi perekonomiannya agar tidak bergantung pada hidrokarbon, sebagai bagian dari Visi 2030, dan permintaan akan tenaga kerja berbakat terus meningkat.

Menurut spesialis rekrutmen Cooper Fitch, pembangunan tetap menjadi fokus utama Arab Saudi. Kota Neom senilai $500 miliar (Dh1,8 triliun), Proyek Laut Merah, dan AlUla merupakan mega proyek terbaru yang dikembangkan oleh Kerajaan yang telah meningkatkan permintaan akan talenta.



Selama setahun terakhir, 1,12 juta lapangan kerja diciptakan di sektor swasta sebagai bagian dari rencana pengembangan proyek senilai lebih dari $1 triliun (Dh 3,67 triliun), Kementerian Keuangan menyatakan dalam pernyataan anggaran tahun 2024.

“Tingkat partisipasi perempuan di pasar tenaga kerja terus meningkat, ketika angka tersebut meningkat pada kuartal kedua tahun 2023 hingga mencapai 35 persen, melebihi target Visi Saudi 2030 sebesar 30 persen,” tambah kementerian dalam laporan anggaran.

Ketika perempuan memasuki dunia kerja dengan jumlah yang stabil, ledakan perekrutan diperkirakan akan terus berlanjut pada tahun ini. Peningkatan ini mencerminkan pentingnya dan keberhasilan partisipasi perempuan dalam angkatan kerja.

Skema Visa

Arab Saudi meluncurkan lima kategori visa bagi para profesional terampil dan investor yang bertujuan untuk menciptakan peluang kerja dan meningkatkan transfer pengetahuan. Kategori visa baru adalah visa tinggal bakat khusus, berbakat, investor, wirausaha, dan pemilik real estate.



Kenaikan gaji akan bergantung pada sektor, produktivitas karyawan, dan anggaran gaji perusahaan, demikian temuan studi tersebut. Lebih dari separuh perusahaan yang disurvei berniat menaikkan gaji pada tahun 2024, menurut studi Cooper Fitch.

Survei tersebut menemukan bahwa sekitar 60 persen perusahaan akan menambah jumlah karyawannya pada tahun 2024, dan 29 persen akan mengurangi jumlah karyawannya.

“Sejalan dengan realisasi Visi 2030, portofolio proyek besar di Arab Saudi dan pengembangan industri baru seperti kendaraan listrik telah memberikan dampak positif terhadap rekrutmen dan remunerasi selama setahun terakhir,” kata Vilius Dobilaitis, mitra pengelola keuangan, penjualan, dan pemasaran di Cooper Fitch.

Akankah perusahaan membayar bonus tahunan pada tahun 2024?

Sebanyak 78 persen perusahaan yang merespons survei Cooper Fitch berencana memberikan bonus tahunan berdasarkan kinerja keuangan mereka pada tahun 2023, dibandingkan dengan 22 persen perusahaan yang tidak akan membayar bonus.

Dari perusahaan-perusahaan yang akan membayar bonus, 24 persen akan memberi staf kenaikan gaji selama satu bulan, 21 persen akan membayar dua bulan, dan 18 persen merencanakan bonus tiga bulan.

Sebagian besar perusahaan yang tidak memberikan bonus beroperasi di bidang konstruksi dan konsultasi.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0158 seconds (0.1#10.140)