7 Cara Merawat Kompor Listrik, Hindari Alat Masak Basah

Jum'at, 16 Februari 2024 - 11:50 WIB
loading...
7 Cara Merawat Kompor Listrik, Hindari Alat Masak Basah
Banyak yang penasaran bagaimana cara merawat kompor listrik. Perangkat rumah tangga ini belakangan memang populer. Foto/ MNC Media.
A A A
JAKARTA - Banyak yang penasaran bagaimana cara merawat kompor listrik . Perangkat rumah tangga ini belakangan memang tengah populer di kalangan ibu-ibu, mengingat program pemerintah akan penggunaan energi yang efisien dan ramah lingkungan tengah digenjot.

Kompor listrik adalah peralatan yang berfungsi untuk memasak makanan menggunakan sumber listrik. Fungsi kompor listrik sama persis dengan kompor gas.

Selain pemakaiannya yang mudah, kompor listrik juga lebih aman karena tidak memerlukan tabung gas. Kompor ini juga lebih mudah dibersihkan mengingat menggunakan bahan kaca dengan permukaan yang rata.

Lantas, bagaimana cara merawat kompor listrik agar awet dan tidak membahayakan penggunanya:

1. Bersihkan dengan Alat yang Lembut

Permukaan mengkilap kompor listrik dan kompor induksi umumnya terbuat dari bahan kaca atau keramik, sehingga mudah tergores. Oleh sebab itu, gunakan kain lembut seperti kain microfiber dan cairan pembersih khusus kompor untuk membersihkannya.

2. Hindari Peralatan Masak yang Terlalu Berat

Bobot panci dan kapasitas kompor listrik harus sesuai. Pastikan juga untuk tidak meletakkan peralatan masak berbahan kaca yang masih panas ke atas kompor.

3. Perhatikan Material Alat Masak

Hindari menggunakan panci dan wajan yang permukaannya terbuat dari bahan kasar. Pilihlah peralatan dari bahan alumunium, stainless steel dan keramik agar permukaan kompor tidak mudah tergores.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2357 seconds (0.1#10.140)