alexametrics

Boxing dengan Iringan Musik Boom

loading...
Boxing dengan Iringan Musik Boom
A+ A-
OLAHRAGA boxing menjadi salah satu olahraga favorit yang dilakukan laki-laki dan perempuan. Kini telah hadir olahraga boxing sambil diiringi alunan musik bernama boom.

Country Manager Fitness First Indonesia David Prosser mengatakan bahwa boom dibangun akibat pertumbuhan eksplosif di lingkungan olahraga bela diri profesional Indonesia dan meningkatnya permintaan olahraga boxing .

“Program boom lahir karena tingginya permintaan masyarakat akan kelas yang bisa memfasilitasi martial arts di tempat kebugaran,” ujar David di Fitness First Platinum, Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, Rabu (4/7).

Sementara itu, menurut Area Group Fitness Manager Fitness First Marissa Angelica, olahraga boom ini tidak hanya dilakukan laki-laki, tetapi juga perempuan yang ingin membakar lemak dan menurunkan berat badan. Program ini pun cocok bagi pemula maupun petinju karena setiap individu dapat mengikutinya sesuai kemampuan masing-masing.



“Boom dapat membantu peserta membakar kalori dan lemak. Tidak hanya itu, gerakan tinju dalam olahraga ini juga dapat dipraktikkan saat membela diri,” ujar perempuan yang akrab disapa Pippo ini. Pippo menambahkan, ketika orang rutin boxing , pasti memiliki bekal kemampuan bela diri dari serangan tindak kejahatan, apalagi bagi perempuan yang sangat membutuhkan ini.

“Jadi, gerakan latihan boxing untuk pemula dirancang tidak berat. Paling tidak, member harus cukup energi saat mengikuti kelas,” ungkap Pippo. Setelah menyaksikan acara launching program ini, KORAN SINDO pun berkesempatan mencoba langsung olahraga ini.

KORAN SINDO dan beberapa media lain dapat menggunakan fasilitas yang tersedia, seperti sarung tangan dan heavy bag atau samsak tinju. Setelah semua fasilitas dipakai, barulah olahraga boom dimulai. Diiringi musik pilihan, peserta melakukan pemanasan menyeluruh.

Di samping para peserta, ada dua instruktur yang memantau jeli gerakan. Jika ada yang salah, gerakan segera diperbaiki. Para instruktur pun memotivasi untuk melakukan gerakan dengan tepat. Para instruktur mengajarkan teknik boxing yang terdiri dari beberapa set gerakan dasar, seperti jab, cross, hook, danuppercut.

Boom memberikan pengalaman olahraga boxing menyeluruh berintensitas tinggi, yang dirancang untuk peserta agar dapat berlatih seperti petinju. “Olahraga ini dapat membantu peserta membakar kalori dan lemak, sekaligus meningkatkan definisi otot, koordinasi, kekuatan, kecepatan dan core stability ,” ujar Pippo.

Adapun menurut Group Fitness First Manager Pacific Place dan Cibubur Junction Aurelia Linda, instruktur boom berfokus pada personal training, group fitness training , dan fight training . Terdapat dua jenis gerakan utama dalam olahraga boom , yakni anaerobik dan aerobik.

Gerakan anaerobik ialah gerakan berintensitas tinggi dalam jangka waktu pendek. Contoh gerakan ini ialah pukulan jab, uppercut , dan hook . “Gerakan ini berfungsi meningkatkan kekuatan dan melatih daya tahan otot,” ujar Linda. Sementara itu, gerakan aerobik ialah gerakan yang dilakukan dalam intensitas sedang untuk jangka waktu lama.

Bentuk gerakan ini ialah gerakan kaki petinju. “Gerakan aerobik ini bermanfaat untuk membakar lemak. Selama 45 menit latihan, 400-600 kalori lemak terbakar,” kata Linda. Dalam kelas boom , fokus ada pada gerakan anaerobik, tetapi hanya menggunakan teknik dasar tinju.
halaman ke-1 dari 2
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak