alexametrics

5 Tips Peregangan di Pesawat untuk Jamaah Haji agar Tetap Prima

loading...
5 Tips Peregangan di Pesawat untuk Jamaah Haji agar Tetap Prima
Senam atau peregangan dalam pesawat dianjurkan bagi seluruh jamaah haji. Hal ini untuk membuat tubuh tetap dalam kondisi prima. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Perjalanan jemaah haji menuju Tanah Suci Arab Saudi untuk menjalankan ibadah haji tidaklah sebentar, dibutuhkan waktu sekitar 8-9 jam dari Indonesia dengan menggunakan pesawat. Tentu dibutuhkan stamina yang prima.

Kementerian Kesehatan menghimbau para jemaah untuk melakukan peregangan di dalam pesawat agar tetap sehat dan bugar selama perjalanan menuju Tanah Suci. Kepala Pusat kesehatan haji Eka Jusuf Singka berharap kegiatan ini dapat dipimpin oleh Tenaga Kesehatan Haji Indonesia Kelompok Terbang (TKHI Kloter).

"Senam dipimpin oleh TKHI Kloter. Bisa juga perorangan. Sebelum memulai senam, posisikan badan dengan duduk bersandar kursi, usahakan punggung tegak. Tahan, sampai hitungan ke delapan atau sekitar 10 detik. Setelah posisi sempurna, lanjutkan ke gerakan berikutnya masing-masing 8 hitungan," kata Eka melalui siaran pers yang diterima SINDOnews.

Berikut gerakan senam peregangan yang bisa dilakukan para jemaah haji selama di dalam pesawat.

1. Kepala

Tundukkan kepala ke bawah sambil di tekan dengan kedua tangan. Tolehkah kepala ke kanan, sentuhlah tangan kiri di pipi kiri, lalu tekan dorong ke samping kanan.

Lakukan gerakan kebalikan. Rebahkan kepala ke arah kanan, sentuh tangan kanan di kepala bagian kiri, tekan ke arah kanan. Lakukan gerakan kebalikan.

2. Tangan

Luruskan tangan kanan ke arah samping kiri, kemudian tangan kiri menyentuh siku tangan kanan, lalu tekan ke arah dalam. Lakukan gerakan kebalikan. Angkat tangan kanan, silangkan di belakang kepala lalu tangan kiri menyentuh siku tangan kanan dan tarik ke arah kiri. Lakukan gerakan kebalikan.

3. Bahu

Kaitkan kedua tangan lalu dorong ke arah depan. Lanjutkan gerakan ke atas. Lanjutkan gerakan ke samping kanan dan gerakan ke samping kiri.

4. Pinggang

Putar badan ke arah samping kanan dan kedua tangan memegang sandaran tangan. Lakukan gerakan kebalikan.

5. Kaki

Lakukan gerakan mengangkat tumit atau jinjit kemudian turunkan. Lakukan berulang-ulang agar tak mudah kram.
(tdy)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak