Mengenal Kanker Sarkoma, Ketahui Jenis dan Gejalanya

Minggu, 18 Februari 2024 - 18:18 WIB
loading...
Mengenal Kanker Sarkoma, Ketahui Jenis dan Gejalanya
Kanker sarkoma kini menjadi salah satu jenis kanker yang mencuri perhatian publik setelah artis Alice Norin mengungkap kalau dirinya terkena penyakit ganas tersebut. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Kanker sarkoma kini menjadi salah satu jenis kanker yang mencuri perhatian publik setelah artis Alice Norin mengungkap kalau dirinya terkena penyakit ganas tersebut.

Akibat kanker ini, Alice mengaku harus melakukan operasi pengangkatan rahim. Informasi tersebut disampaikan artis peran tersebut dalam akun Instagram pribadinya.

Lantas, apa itu sebenarnya kanker sarkoma dan menyerang bagian tubuh mana? Mengingat segala jenis penyakit kanker memang terkenal mematikan.


Mengenal Kanker Sarkoma

Dilansir dari OHSU Knight Cancer Institute, kanker sarkoma adalah jenis kanker langka yang terbentuk di jaringan ikat tubuh, meliputi tulang, otot, lemak dan saraf.

Meskipun kanker ini sangat jarang terjadi, namun masih terdapat sekitar 17.000 kasus terdiagnosis di AS setiap tahun, menurut National Cancer Institute, atau sekitar 225.000 orang Amerika hidup dengan sarkoma.

Karena setiap orang memiliki jaringan ikat di seluruh tubuhnya, sarkoma ini selalu bisa berkembang di mana saja. Namun, bagian yang paling sering terkena sarkoma adalah lengan dan kaki.

Terdapat tiga jenis kanker sarkoma, di antaranya sebagai berikut.

1. Sarkoma jaringan lunak, tumbuh di lemak, otot, saraf, pembuluh darah, dan kulit dalam. Mereka adalah tipe yang paling umum yang menyumbang sekitar 80% dari semua sarkoma.

2. Sarkoma tulang, tumbuh di tulang dan tulang rawan seperti sela-sela persendian, ujung tulang rusuk, saluran napas, telinga dan hidung, serta ruas-ruas tulang belakang.

3. Sarkoma jinak, tumbuh di jaringan ikat, biasanya di lengan, kaki, persendian, atau perut. Jumlahnya sangat jarang. Secara teknis penyakit ini bukan kanker, tetapi sering kali ditangani oleh dokter kanker.


Gejala Kanker Sarkoma

1. Gejala Sarkoma Jaringan Lunak

- Benjolan di lengan atau kaki, sering kali tidak nyeri, dan membesar dalam beberapa minggu atau bulan.
- Merasa sakit di perut.
- Keluar darah dalam muntahan atau tinja.

2. Gejala Sarkoma Tulang

- Nyeri pada tulang yang terkena sarkoma, awalnya hanya pada malam hari atau saat menggunakan tulang tersebut.
- Munculnya benjolan.
- Patah tulang disebabkan oleh melemahnya tulang.

3. Gejala Sarkoma Jinak

- Pembengkakan yang keras dan tidak nyeri pada lengan, kaki, persendian, leher, atau dada.
- Sensasi kesemutan dan nyeri saat tumor menekan saraf.

Itulah penjelasan tentang kanker sarkoma, beserta jenis dan gejalanya. Jika muncul beberapa gejala dalam tubuh Anda, sebaiknya cepat-cepat periksakan ke dokter supaya diberi penanganan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1980 seconds (0.1#10.140)