alexametrics

Serunya Gastronomi Kuliner Indonesia

loading...
Serunya Gastronomi Kuliner Indonesia
Serunya Gastronomi Kuliner Indonesia
A+ A-
APA jadinya bila kekayaan khasanah kuliner Indonesia dikemas dalam kolaborasi dua chef kenamaan? Jawabannya ada di Restoran Seasonal Taste, The Westin Jakarta.

Penasaran tentu saja, apalagi kreativitas dari Denny Gunawan, Sous Chef The Westin Jakarta dan Chef Ragil Wibowo yang belum lama dinobatkan sebagai pemenang Asian Cuisine Chef of the Year 2018 (regional) dari ajang penghargaan internasional World Gourmet Summit (WGS ) Award Of Excellent 2018 . Dalam sebuah rangkaian event promosi masakan di Restoran Seasonal Taste, The Westin Jakarta bertajuk “Jelajah Indonesia”, KORAN SINDO diajak untuk mencicipi sisi gastronomi masakan Nusantara.

Dikemas tentu lebih menarik, Chef Ragil memperkenalkan kreasinya yang terkenal unik dengan menggunakan berbagai bumbu dan rempah-rempah Indonesia yang dia petik sendiri dari Sabang hingga Merauke. Beberapa masakan yang disajikan adalah udang bumbu kuning, beef carving bumbu rembige, ayam tangkap aceh, gelato tempe orek, bubur sumsum brulee, dan masih banyak lagi.

Berbeda dengan Chef Ragil, makin menambah khazanah kuliner yang ada, Chef Denny membawa masakan cita rasa khas Sunda sebagai andalannya. Salah satunya dia ikut mengolah bebek dengan perpaduan cita rasa yang begitu kaya. Nah, saat preview KORAN SINDO ikut mencoba makanan lainnya yang dibuat kedua chef ini, seperti tumis jantung pisang yang dibumbui dengan kecombrang. Sayur yang begitu rasanya menyegarkan untuk nasi tadi adalah garang asem iga sapi. Garang asem di sini pun memakai tambahan nanas yang menurut Chef Ragil ikut membantu pencernaan.

Kalau di Tapanuli, menu ini seharusnya tidak pakai sapi. Biasanya dimakan saat acara hulu bala karena ketika makan ini, tubuh jadi lebih fit,” kata Chef Ragil. Sebagai pelengkap, untuk orang Indonesia, nasi tentu tak boleh ketinggalan. Nasi yang disuguhkan yaitu nasi menggono yang memakai serundeng agak basah, ditemani paduan gurita hitam di atasnya. Lalu nasi tutug oncom khas Sunda ikut memberikan pilihan tak biasa menemani sesi gastronomi menjelajah masakan Indonesia yang begitu kaya. Juga ada nasi sumsum yang dibuat begitu gurih karena menggunakan tambahan sumsum sapi untuk campuran nasi. Sementara itu, menu seperti bebek yang dibuat Chef Denny termasuk yang tak terlupakan ketika dicicipi.

Menu bebek yang biasanya masih terasa bau anyir di sini terasa seperti ayam meski tekstur dan daging berlemak bebek tetap terasa enaknya. Selain itu rasanya pun kaya perpaduan gurih dan manis. Rahasianya menurut Chef Denny adalah penggunaan kurma basah, kecap manis, daun salam, daun jeruk, daun sereh, dan jahe di dalamnya yang menghilangkan dan menyerap amis dengan marinasi selama 3 jam lamanya. Penasaran kan ingin langsung mencobanya? Keunikan menu Indonesia dalam promosi “Jelajah Indonesia” ini berlangsung pada 20-29 Juli 2018 di Restoran Seasonal Taste. Suguhan dapat dinikmati selama makan siang dan makan malam.

Selain dari buffet di Seasonal Taste tadi, pada 28 Juli 2018 akan diselenggarakan juga “Terang Bulan” gastronomy dinner dengan sajian 5 course set menu dengan jumlah kursi terbatas. Di malam spesial ini, tamu-tamu akan duduk di area rooftop outdoor lantai 67 Hotel The Westin Jakarta dan bertepatan dengan gerhana bulan dengan diiringi alunan lagulagu khas Indonesia.
(don)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak