Anggota KPPS Meninggal Dunia Capai 57 Orang, Ini 5 Bahaya Kelelahan pada Tubuh

Senin, 19 Februari 2024 - 13:58 WIB
loading...
Anggota KPPS Meninggal Dunia Capai 57 Orang, Ini 5 Bahaya Kelelahan pada Tubuh
Tertingginya kematian petugas KPPS karena berbagai macam faktor, termasuk kelelehan. Foto/ dailyburn
A A A
JAKARTA - Jumlah anggota KPPS yang meninggal dunia pada Pemilu 2024 bertambah. Kementerian Kesehatan mengungkap, total kematian dilaporkan mencapai 57 orang per Sabtu (17/2/2024) pukul 18.00 WIB.

Kemenkes juga melaporkan bahwa penyebab tertingginya kematian petugas KPPS ini karena mengidap penyakit jantung yang disebabkan berbagai macam faktor, termasuk kelelehan .



Dilansir Better Health, Senin (19/2/2024), kelelahan merupakan perasaan letih atau kurang tenaga yang tidak kunjung hilang saat beristirahat.

Pada beberapa kasus, kelelahan merupakan gejala dari masalah medis mendasar yang memerlukan perawatan medis.

Untuk itu, kondisi kelelahan tak boleh disepelekan. Anda perlu istirahat yang cukup dan menanganinya dengan serius.

Lantas, apa saja bahaya dari kelelahan yang bisa memengaruhi kesehatan tubuh? Yuk simak informasinya dilansir dari beberapa sumber, Senin (19/2/2024).

Efek Kelelahan pada Tubuh

1. Imunitas Tubuh Menurun

Dampak kelelalahan ialah menurunkan imunitas tubuh. Penelitian terbaru menemukan hubungan antara kelelahan dengan sel-sel kekebalan tubuh.

Kondisi tubuh yang kelelalahan hingga kurang tidur dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh Anda. Untuk itu, penting untuk segera istirahat dan mengonsumsi makanan bergizi agar tubuh bisa kembali prima.

2. Serangan Jantung

Kelelahan hebat juga bisa berakibat fatal hingga memicu serangan jantung. Laman Health Central mengungkap, kelelahan juga bisa menjadi tanda peringatan awal serangan jantung.

Kelelahan yang bisa mengakibatkan serangan jantung disertai dengan tanda-tanda lain seperti sesak napas dan detak jantung yang cepat. Bila mengalami kondisi ini, segera disarankan untuk mencari pertolongan medis.

3. Sakit Kepala

Kemudian, kelelahan juga bisa menyebabkan sakit kepala yang dapat mengganggu aktivitas. Sakit kepala bisa jadi merupakan tanda gangguan migrain, gangguan tidur hingga dehidrasi yang bisa diakibatkan karena kelelahan.

Melansir Healthline, kelelahan juga termasuk gejala umum dari banyak kondisi seperti depresi, gangguan tidur, dan fibromyalgia.

4. Cedera Otot

Selanjutnya ialah cedera pada otot. Kondisi tersebut bisa terjadi bila Anda mengalami kelelahan yang hebat.

Cedera otot dikaitkan dengan keadaan kelelahan, sering kali setelah aktivitas berat atau olahraga. Saat Anda mengalami kelelahan, kekuatan di balik gerakan otot Anda berkurang sehingga menyebabkan Anda merasa lebih lemah.


5. Dehidrasi

Satu lagi bahaya dari kelelahan pada tubuh ialah dehidrasi. Dehidrasi dapat memengaruhi tingkat energi dan kondisi mental Anda, dan bahkan mengancam jiwa dalam kasus yang parah.

Salah satu gejala dari dehidrasi ialah kelelahan parah akibat kurang cairan yang menyebabkan sakit kepala hingga air seni berwarna keruh. Bila kondisi ini tak ditangani, dehidrasi dan kelelahan bisa mengancam nyawa Anda.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3858 seconds (0.1#10.140)