Glow to School Gaungkan Pentingnya Perlindungan Kulit dari Bahaya Sinar Ultraviolet sejak Dini

Selasa, 20 Februari 2024 - 00:30 WIB
loading...
Glow to School Gaungkan Pentingnya Perlindungan Kulit dari Bahaya Sinar Ultraviolet sejak Dini
MS GLOW bersama MS GLOW Aesthetic Clinic menggelar program Glow to School. Program ini bertujuan untuk mengedukasi para remaja usia SMA dan sederajat tentang pentingnya perlindungan terhadap bahaya sinar ultraviolet (UV). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - MS GLOW bersama MS GLOW Aesthetic Clinic menggelar program Glow to School. Program ini bertujuan untuk mengedukasi para remaja usia SMA dan sederajat tentang pentingnya perlindungan terhadap bahaya sinar ultraviolet (UV).

Glow to School diselenggarakan sepanjang Februari hingga Maret 2024 di puluhan SMA se-Indonesia. Salah satunya digelar di SMK Taman Siswa 1 Jakarta.

Inisiatif ini berangkat dari kepedulian Founder MS GLOW Shandy Purnamasari tentang belum teredukasinya sebagian masyarakat Indonesia terhadap fungsi skincare, khususnya sunscreen.

"Sejak dulu saya sangat concern terhadap perawatan kulit khususnya wajah. Oleh karenanya saya selalu ingin memberi pengaruh dan juga berbagi pengetahuan bahwa skincare itu penting. Selama ini masih banyak yang salah kaprah antara skincare dan kosmetik. Kerap kali skincare dianggap sebagai hal yang gaya-gayaan, padahal justru fungsinya adalah melindungi kulit dan tubuh dalam jangka panjang," beber Shandy Purnamasari.

"Sekolah memang bukan ajang adu kecantikan dengan makeup tebal, namun sangat penting bagi generasi muda untuk menyadari betapa penting perawatan kulit agar tetap sehat. Glow to School bertujuan untuk mengedukasi generasi muda tentang skincare, khususnya penggunaan sunscreen setiap hari untuk melindungi kulit dari dampak buruk sinar ultraviolet," lanjutnya.

Berangkat dari fakta bahwa Indonesia adalah negara tropis yang diberi limpahan sinar matahari sepanjang tahun, MS GLOW merasa perlu untuk memberi pemahaman seputar sunscreen sejak dini. Sinar ultraviolet adalah sinar matahari dengan panjang gelombang 10-400 nm, yang dalam beberapa hal bisa bermanfaat untuk membunuh bakteri dan menyintesis vitamin D.

Namun, sinar UV juga dapat merugikan jika kulit manusia terpapar terlalu lama. Hal ini dijelaskan oleh dokter dari klinik kecantikan MS GLOW yang hadir sebagai narasumber Glow to School di SMK Taman Siswa 1 Jakarta, dr. Prima Bachrul Alam.

“Kulit anak dan remaja lebih sensitif dan rentan kerusakan akibat sinar UV. Sinar UVA dapat mempercepat penuaan kulit dan menyebabkan keriput serta flek hitam. Sedangkan sinar UVB dapat menyebabkan kulit terbakar," terangnya.

"Jika kulit sering terkena radiasi kedua sinar tersebut, risiko terkena kanker kulit pun semakin besar. Selain itu, efek paparan sinar UV bisa dirasakan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Sunscreen ialah produk yang dapat digunakan sebagai penyaring sinar radiasi UVA dan UVB dan baik untuk digunakan secara rutin setiap hari,” tambah dr. Prima.

Rangkaian Glow to School dimulai pada awal Februari di area Jawa Timur. Selain memberikan informasi tentang bahaya sinar UV dan pentingnya perlindungan kulit sejak usia remaja, dokter MS GLOW Aesthetic Clinic juga menjelaskan secara detail tentang penggunaan sunscreen yang benar.

Sunscreen dapat melindungi kulit termasuk mencegah kerusakan seperti penuaan dini, munculnya bintik cokelat hingga peningkatan risiko kanker kulit. Selain itu, sunscreen juga bisa menjaga kelembaban dan mencegah kulit kering.

Beberapa faktor hendaknya diperhatikan seperti kandungan sun protection factor (SPF) dalam produk sunscreen. SPF lazim tercantum di label kemasan, di mana biasanya SPF 15 hanya bisa menahan 93 persen radiasi sinar UVB selama 2,5 jam di luar ruangan. Sedangkan SPF 30 mampu menahan 97 persen radiasi dengan tingkat ketahanan mencapai lima jam.

Sementara SPF 50 mampu menahan sinar UV hingga delapan jam.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2042 seconds (0.1#10.140)