Kapan Malam Nisfu Syaban 2024? Ini Tanggalnya

Selasa, 20 Februari 2024 - 19:03 WIB
loading...
Kapan Malam Nisfu Syaban 2024? Ini Tanggalnya
Mengacu Kalender Hijriah Indonesia yang diterbitkan Kementerian Agama, malam Nisfu Syaban jatuh pada Sabtu, 24 Februari 2024. Sementara untuk Nisfu Syaban atau tanggal 15 Bulan Syaban sendiri adalah tanggal 25 Februari 2024. Foto ilustrasi/ist
A A A
Kapan malam Nisfu Syaban 2024? Pertanyaan ini sudah mulai dicari umat Muslim. Bukan tanpa alasan, malam tersebut memang telah dinantikan karena memiliki banyak keutamaan.

Syaban merupakan bulan kedelapan dalam kalender Hijriah. Bagi umat Islam, bulan ini tak hanya istimewa karena diapit dua bulan mulia (Rajab dan Ramadan), namun juga karena punya banyak keutamaan.

Pada bulan Syaban, salah satu waktu yang dinantikan adalah kehadiran malam Nisfu Syaban . Dikenal juga sebagai Laylatul Bara’ah atau malam pengampunan dosa-dosa, umat Muslim dapat mengisi momen tersebut dengan amalan-amalan ibadah.

Lantas, kapan waktu datangnya malam Nisfu Syaban pada tahun 2024 ini? Simak ulasannya berikut.

Kapan Malam Nisfu Syaban 2024?

Mengacu Kalender Hijriah Indonesia yang diterbitkan Kementerian Agama, malam Nisfu Syaban jatuh pada Sabtu, 24 Februari 2024. Sementara untuk Nisfu Syaban atau tanggal 15 Bulan Syaban sendiri adalah tanggal 25 Februari 2024.

Amalan Malam Nisfu Syaban

Pada malam Nisfu Syaban, umat Muslim bisa mengisi waktunya dengan berbagai amalan yang disunnahkan. Misalnya, seperti memperbanyak membaca Surat Yasin, berdzikir hingga memohon ampun atas kesalahan dan dosa-dosa yang diperbuat.

Tak hanya itu, umat Muslim juga dianjurkan memanjatkan banyak doa baik pada malam tersebut. Pada sebuah hadis dijelaskan doa di malam Nisfu Syaban tidak akan ditolak. Hal ini diterangkan dalam hadits Ibnu Abbas:

“Lima malam yang tidak akan ditolak doa di dalamnya: malam pertama bulan Rajab, malam Nisfu Sya'ban, malam Jumat, malam Idul Fitri, dan Malam Idul Adha"

Jadi, terjawab sudah pertanyaan mengenai “kapan malam Nisfu Syaban 2024?” Malam istimewa tersebut insha Allah jatuh pada Sabtu, 24 Februari 2024. Semoga bermanfaat.



Wallahu a’lam.
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2434 seconds (0.1#10.140)