Konser Musik Ramaikan Penyelenggaraan IIMS 2024, Gaet Pengunjung Gen Z dan Milenial

Selasa, 20 Februari 2024 - 19:00 WIB
loading...
Konser Musik Ramaikan Penyelenggaraan IIMS 2024, Gaet Pengunjung Gen Z dan Milenial
Kahitna saat tampil dalam konser Infinite Live di arena IIMS 2024 di Jakarta, belum lama ini. Foto/Instagram Kahitna
A A A
JAKARTA - Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang berlangsung pada 16-25 Februari 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta dimeriahkan dengan konser musik. Konser yang berlangsung tiap hari dengan menghadirkan para musisi ternama ini bertujuan untuk mendongkrak jumlah pengunjung Gen Z dan milenial.

Ini bisa dipahami, sebab kehadiran konser musik dalam berbagai perhelatan di industri MICE (meeting, incentive, convention, and exhibition) kini menjadi tren. Apalagi target yang hendak disasar dari event tersebut adalah Gen Z dan milenial.

Itulah sebabnya, event seperti pameran otomotif juga melibatkan konser musik sebagai daya pikat bagi Gen Z dan milenial untuk datang ke pameran tersebut.

Co-Founder & COO Populix Eileen Kamtawijoyo menjelaskan, survei yang dirilis lembaganya pada awal tahun ini terhadap 1.058 responden menunjukkan korelasi yang menarik antara industri MICE, konser musik, serta target audiens seperti Gen Z dan milenial.

Eileen mengatakan, hampir 80 persen Gen Z dan milenial mengakui memiliki minat dan akan berpartisipasi dalam konser musik live. Generasi tersebut, lanjut dia, bahkan menempatkan konser musik sebagai kegiatan tertinggi kedua yang ingin dilakukan pada tahun ini, selain jalan-jalan ke mall.

"Sebagian dari mereka bahkan ingin berpartisipasi pada lebih dari tiga konser sepanjang tahun ini. Hasil survei kami menunjukkan bahwa minat masyarakat lebih tinggi untuk menonton konser, apalagi bila yang menjadi bintang utama adalah musisi Indonesia," kata Eileen Kamtawijoyo, Selasa (20/2/2024).

Hal ini, menurut dia, memberikan peluang bagi para promotor event atau penyelenggara MICE untuk memasukkan unsur konser musik sebagai magnet mendatangkan banyak pengunjung, terutama dari kalangan Gen Z dan milenial.

Eileen menambahkan, antusiasme masyarakat, terutama Gen Z dan milenial yang tinggi terhadap konser musik dapat menjadi lokomotif untuk menarik gerbong industri kreatif, pariwisata, dan MICE.

Pasalnya, industri kreatif, pariwisata, dan MICE memiliki ruang inovatif serta kreativitas yang cukup besar karena dapat menggabungkan event seperti pameran otomotif dengan konser musik dan hiburan lainnya.

"Hal ini pada gilirannya dapat membawa dampak positif yang semakin besar terhadap perekonomian nasional," kata dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1176 seconds (0.1#10.140)