Ini Dia Jarak Waktu yang Tepat untuk Persiapan Perjalanan Bisnis ke Luar Negeri

Rabu, 21 Februari 2024 - 11:30 WIB
loading...
Ini Dia Jarak Waktu yang Tepat untuk Persiapan Perjalanan Bisnis ke Luar Negeri
Melakukan perjalanan ke luar negeri terutama untuk urusan bisnis memerlukan banyak persiapan mulai dari mengurus dokumen hingga persiapan untuk pribadi. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Melakukan perjalanan ke luar negeri terutama untuk urusan bisnis memerlukan banyak persiapan mulai dari mengurus dokumen hingga persiapan untuk pribadi. Ditambah lagi, akan muncul banyak pertanyaan di benak Anda tentang hal-hal apa lagi yang harus disiapkan karena tujuan Anda adalah negara orang lain dengan budaya dan kebiasaan masyarakatnya yang berbeda.

Nah, supaya tidak panik dan terburu-buru mempersiapkan perjalanan, Anda dapat mengikuti urutan perencanaan perjalanan bisnis ke luar negeri serta berapa lama waktu yang dibutuhkan sebelum hari keberangkatan.

Persiapan Selama 4-8 Minggu Sebelum Berangkat

1. Cek masa berlaku paspor dan segera perbarui jika sudah mendekati masa tenggat. Rentang waktu ini termasuk aman untuk mengurus paspor.

2. Mengurus visa. Pastikan dokumen yang diperlukan memiliki informasi yang lengkap dan jelas. Karena Visa Anda bisa ditolak jika dokumen tersebut tidak dilengkapi.

Persiapan 4-8 minggu sebelum berangkat adalah waktu yang pas untuk mendapatkan visa.

3. Menyiapkan Kartu kredit untuk digunakan. Bila Anda tipe yang lebih suka membawa kartu dibandingkan uang tunai, kartu kredit jadi pilihan pas untuk menemani perjalanan Anda ke luar negeri, dan tentunya kartu kredit ini juga hanya bisa digunakan selama Anda di negara tujuan.


Persiapan 2-4 Minggu Sebelum Berangkat

1. Pertimbangkan menggunakan kartu selular internasional atau WiFi internasional.

2. Mempersiapkan pakaian apa saja yang akan dikenakan. Sebisa mungkin gunakan pakaian yang cocok untuk kegiatan apa saja supaya tidak membawa terlalu banyak barang.

3. Mulai kemasi isi koper Anda.

Persiapan 1 Minggu Sebelum Berangkat

1. Cek kembali itinerary dan keperluan penting lainnya seperti paspor, visa, informasi tiket pesawat, hotel, hingga dokumen internal dari perusahaan Anda.

2. Cek lingkungan di sekitar tempat Anda menginap lewat Google Maps. Supaya Anda bisa melihat bagaimana lalu lintas di sana, makanan khas di sekitar, dan tempat-tempat lainnya seperti restoran atau swalayan.

3. Check-in ke maskapai penerbangan lebih awal supaya Anda tidak perlu mengantri di bandara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3946 seconds (0.1#10.140)