5 Cara Mengatasi Kulit Kering pada Tangan

Kamis, 22 Februari 2024 - 07:00 WIB
loading...
5 Cara Mengatasi Kulit Kering pada Tangan
Kulit tangan kering bisa terjadi akibat kurangnya tingkat kelembaban yang ada pada kulit. Bagaimana mengatasinya? Foto/ peesafe
A A A
JAKARTA - Memiliki kulit tangan yang kering bisa membuat tampilan tangan Anda menjadi kusam dan bersisik. Kondisi ini membuat kepercayaan diri seseorang menurun.

Diketahui kulit tangan kering biasanya terjadi akibat kurangnya tingkat kelembaban yang ada pada kulit. Terlebih, tangan menjadi bagian tubuh yang paling banyak digunakan dalam beraktivitas.



Jika Anda sering mencuci piring ataupun mencuci baju dengan sabun, maka aktivitas ini bisa membuat kulit tangan menjadi kering akibat sabun yang digunakan. Bahkan, apabila sabun yang digunakan cukup keras, kulit tangan bisa sampai mengelupas hingga terjadi iritasi.

Kondisi tersebut bisa memicu rasa gatal dan juga ruam kemerahan, hal ini tentu saja akan mengganggu Anda dalam beraktivitas sehari-hari. Berikut beberapa solusi untuk mengatasi kulit yang kering akibat terlalu sering terkena sabun, dikutip Cleveland Clinic, Rabu (21/2/2024).

1. Gunakan balm pelembab kulit
Jika kulit tangan Anda sudah kering bahkan bersisik, segeralah aplikasikan balm pelembab kulit untuk menghidrasi kulit yang kering. Anda bisa gunakan body butter yang teksturnya lebih kental dan tebal agar bisa melembabkan secara intensif. Sebab produk tersebut sangat cocok digunakan pada kulit yang kering.

2. Hindari kontak langsung sabun cuci dengan kulit
Kulit tangan yang kering bahkan sampai terkelupas artinya dasar kulit Anda sedang terganggu. Sebaiknya Anda hindari kontak langsung kulit dan sabun yang menjadi penyebab utama kondisi tersebut. Apabila kulit yang kering terus terkena sabun, maka khawatirnya akan terjadi iritasi pada kulit.

3. Gunakan sarung tangan
Sembari menunggu kulit kembali seperti semula, Anda bisa gunakan sarung tangan untuk mencuci piring atau mencuci baju untuk sementara waktu. Hal ini bertujuan agar proses pengembalian kelembaban kulit lebih cepat.

4. Pilih sabun tangan yang melembabkan dan lembut
Anda bisa berganti produk sabun mandi yang lebih lembut dan ampuh untuk melembabkan kulit. Sehingga kulit tidak semakin kering dan rusak. Bahkan saat ini pun ada produk sabun pencuci baju dan piring yang lembut dan diformulasi untuk kulit yang sensitif.



5. Keringkan tangan Anda dengan lembut
Langkah ini terlihat sepele tetapi kerap kali dilewatkan oleh sebagian orang. Setiap terkena sabun cuci baju atau piring, maka sebaiknya Anda mencuci tangan kembali dengan sabun yang lembut. Setelah itu keringkan tangan dengan lap atau handuk bersih dengan lembut. Sebab menggosok kulit dengan kasar dapat membuat luka dan iritasi apalagi saat kulit sedang bermasalah.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1112 seconds (0.1#10.140)