Menu Ikan Asap dari Kawasan Timur Ada di Depok

Selasa, 31 Juli 2018 - 11:08 WIB
Menu Ikan Asap dari Kawasan Timur Ada di Depok
Menu Ikan Asap dari Kawasan Timur Ada di Depok
A A A
DEPOK - Bagi pencinta menu ikan, di Depok ada tempat makan yang menyediakan menu khas ikan dari wilayah timur Indonesia.
Namanya Pondok Ikan Asap Cakalang & Sea Food 86 “Djuanda” yang terletak di Jalan Juanda, Sukmajaya, Depok. Di sana tersedia aneka menu sajian ikan cakalang yang dibuat dalam berbagai varian rasa. Misalnya, ikan cakalang asap, cakalang bakar, cakalang suwir, dan cakalang santan/sofu.

Semua ikan cakalang yang disajikan di sana terlebih dulu diasap. Tujuannya agar mengurangi kadar air dalam ikan. Bahkan, pengasapan dilakukan selama tiga jam. Namun, jangan khawatir, ikan akan menjadi bau asap. Karena, sang koki telah mahir membakar ikan agar harum dan tidak bau asap.

Darsono, pemilik Pondok Ikan Asap Cakalang & Sea Food 86 “Djuanda” mengatakan, teknik pengasapan yang dilakukannya dijamin tidak akan membuat ikan menjadi memiliki aroma lain atau bau asap. Karena, dia menggunakan batok kelapa agar aroma yang keluar menjadi harum dan bercita rasa. Pondok Ikan Asap Cakalang & Sea Food 86 “Djuanda” ini buka sejak pukul 10.00-22.00 WIB setiap hari.

Tempat makan ini menjadi satu-satunya rumah makan di Kota Depok yang menyajikan menu ikan cakalang yang merupakan masakan wilayah timur Indonesia. Tempat makan ini berdiri pada 2012 lalu.

“Awalnya saya membuka usaha kuliner ini saat bertugas di Ambon. Saya sering membawa ikan asap cakalang ini sebagai oleh-oleh saat pulang ke Jakarta. Ternyata banyak yang menyukai dan bilang rasanya enak. Akhirnya, saya memutuskan membuka usaha ini agar orang dari wilayah timur yang berada di Depok dan sekitarnya tetap bisa menikmati masakan khas sana.

Selain itu, orang lain pun bisa mengenal makanan ini,” kata Darsono. Ikan asap cakalang ini memiliki rasa khas manis dan gurih. Padahal, dalam proses pengasapannya sama sekali tidak memakai bumbu. Ikan cakalang hanya dibelah dan diasapkan di atas bara api selama sekitar tiga jam.

“Ikannya alami, tidak memakai bumbu, cukup dengan sambal sesuai pilihan. Ikan yang dikonsumsi adalah ikan segar, kualitas ekspor, bodinya bagus dan mulus, serta matanya masih melotot dan berwarna putih. Ikan tersebut langsung didatangkan dari perairan wilayah timur. Saat diasapkan jarak pembakaran sekitar 60 cm. Ikan diasapkan di atas bara batok kelapa. Kalau api menyala, disemprot pakai air agar tidak gosong. Jadi, ikan matang sama sekali tidak terkena api,” ungkapnya.

Makan di sini dijamin tidak akan menguras kantong. Karena, satu ekor ikan yang berbobot sekitar 1,2 kg hanya dihargai Rp75.000, harga sudah termasuk sambal. Satu ekor ikan ini bisa dikonsumsi 5-6 orang.

“Setiap hari terjual sekitar 50-150 kg ikan asap cakalang. Kalau dihitung jumlah ikannya, berkisar 100 ekor per hari. Ada yang makan langsung di sini. Pondok ini mampu menampung sekitar 75 orang per hari. Konsumen yang datang bisa memilih area makan dengan tempat duduk atau duduk lesehan,” katanya.

Tidak hanya makan di tempat, katanya, rumah makan ini juga melayani pesanan. Untuk pesanan wilayah Depok minimal 4 ekor, sedangkan sekitarnya 10 ekor. Untuk pesanan, pelanggan tidak dibebankan biaya ongkos kirim alias gratis. Pesanan yang datang tidak hanya dari Jabodetabek, namun hingga luar daerah seperti Bandung dan Palembang.

“Selain menawarkan ikan asap cakalang, kami juga menawarkan aneka makanan lainnya seperti sea food . Semua disajikan dalam keadaan segar sehingga rasanya bisa dijamin,” tandasnya. Eva, salah satu pelanggan, mengaku sering makan di sana.

Dia memang pencinta ikan dan selalu mencari rumah makan dengan menu ikan. Ketika mengetahui di sini ada menu ikan cakalang, dia merasa seperti pulang kampung. “Nggak semua tempat makan ada menu ini karena memang susah. Rasanya juga pas di lidah. Ikannya segar,” katanya.

Eva sering membawa keluarga dan teman-temannya makan di sana. Setidaknya sebulan sekali dia menyempatkan diri mampir ke rumah makan ini. “Menunya memang enak. Tempatnya juga enak buat santai. Harga juga bersahabat,” ucapnya.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3033 seconds (0.1#10.140)