Gelar Konser Amal, Dompet Dhuafa Gencarkan Kampanye Layanan Digital

Kamis, 30 April 2020 - 22:02 WIB
loading...
Gelar Konser Amal, Dompet Dhuafa Gencarkan Kampanye Layanan Digital
Dompet Dhuafa merasa memiliki kewajiban untuk menggerakan roda ekonomi zakat maupun kemanusiaan meskipun di tengah badai Covid-19. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Bulan Ramadhan 1441 H atau 2020 M menjadi momen yang spesial dan sangat berbeda. Pandemi virus corona (Covid-19) menjadi pembedanya. Seluruh belahan dunia sedang menghadapi krisis kesehatan. Hal ini pun menjadi tantangan besar bagi lembaga zakat khususnya Dompet Dhuafa dalam menjalani bulan Ramadhan.

Hiruk pikuk donatur di konter maupun kantor zakat berkurang apalagi sejak diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah kota besar memicu penurunan aktivitas masyarakat di luar rumah. Lesunya perputaran ekonomi di masyarakat juga memicu dampak lemahnya perputaran zakat.

Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa, drg. Imam Rulyawan MARS., mengungkapkan, Dompet Dhuafa sebagai lembaga kemanusiaan, yang juga mengelola Ziswaf (Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf), memiliki kewajiban untuk menggerakan roda ekonomi zakat maupun kemanusiaan meskipun di tengah badai Covid-19. Selain itu, menjadikan Ramadhan tahun ini sebagai tantangan yang harus dihadapi bersama-sama.

"Untuk program Ramadhan 1441 H tahun ini, Dompet Dhuafa terus menggencarkan, mengimbau dan mengajak masyarakat dengan berbagai macam fitur digital. Sehingga semakin banyak masyarakat yang terpapar informasi mudahnya berzakat dan berdonasi melalui pembayaran digital," terang Imam dalam keterangan resminya, Kamis (30/4).

"Kini Dompet Dhuafa akan melakukan kampanye ini lebih besar lagi melalui layanan digital fundraising. Dompet Dhuafa juga terus mengoptimalkan jaringan di 34 propinsi dan 200 zona layanan di nusantara serta jaringan global Dompet Dhuafa di 30 negara," tambahnya.

Selain itu, lanjut Imam, beberapa program offline seperti pengajian perkantoran, qultum menjelang berbuka, pengajian sekolah dialihkan ke digital menjadi pengajian online, tadarus bersama by IG Live atau Youtube. Termasuk qultum dengan tausiyah online kerjasama dengan berbagai media.

Pada kesempatan yang sama, Plt Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa, Dhoni Marlan menambahkan bahwa pihaknya sebelumnya sudah berencana membuka gerai dan konter zakat di mall dan perkantoran. Akan tetapi dengan adanya Covid-19, layanan gerai dan konter ditiadakan.

"Zakat, infak dan sedekah akan dimaksimalkan melalui transaksi digital. Ini merupakan layanan kemudahan kepada donatur dalam membayar ZIS. Donatur dapat membayar ZIS melalui e-commerce dan layanan bank yang telah bekerja sama dengan Dompet Dhuafa," ujar dia.

Sedangkan untuk program unggulan seperti tebar zakat fitrah, parcel Ramadhan, parcel untuk yatim masih sesuai dengan agenda, dan jika memang memaksa, akan dialihkan ke program digital juga dan distribusinya memaksimalkan jaringan Dompet Dhuafa Nasional. "Hingga hari ini, kami masih on the track dengan target Rp212,3 M," lanjut Dhoni.

Sementara itu, Dompet Dhuafa juga mengajak masyarakat untuk berdonasi maupun beramal melalui konser amal #CukupDariRumah. Dalam kegiatan ini, mereka menggandeng Dwiki Dharwaman serta rekan-rekan musisi lainnya. Konser amal yang dihadirkan setiap Sabtu malam tersebut menyajikan nuansa yang berbeda bagi masyarakat.

Selain menghibur masyarakat di rumah, konser itu juga mengajak donasi dalam upaya cegah tangkal Covid-19 selama Ramadhan. "Jadi kondisi saat ini membuat kita sebagai seniman musisi, berpikir keras supaya bagaimana kita bisa berkreasi, ber-charity dan berekspresi. Alhamdulillah, dengan tekhnologi kita serta gadget masing-masing bisa tampil," ungkap Dwiki.

"Pokoknya prinsip dari kami, tidak mau menyusah-nyusahkan keadaan. Jika dengan niat semua bisa. Terima kasih atas tim teknis Dompet Dhuafa. Alhamdulillah, minggu lalu berjalan dengan baik. Kami bersama para musisi bersatu untuk memutus mata rantai Covid-19 melalui nada," kata Dwiki lagi.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2524 seconds (0.1#10.140)