Dyatmiko Bawono: Kebebasan Berimajinasi Itu Fondasi Karya Seni

Rabu, 21 Februari 2024 - 11:59 WIB
loading...
Dyatmiko Bawono: Kebebasan Berimajinasi Itu Fondasi Karya Seni
Seniman lokal asal Yogyakarta, Dyatmiko Bawono dan Santi Ariestyowanti berkolaborasi untuk karya seni instalasi.
A A A
Kolaborasi kreatif sekaligus inspiratif yang melibatkan seniman lokal asal Yogyakarta, Dyatmiko Bawono dan Santi Ariestyowanti dengan perusahaan produk interior asal Indonesia coba menggabungkan antara produk dengan kreativitas seni tak terbatas, menciptakan sebuah perpaduan yang luar biasa dalam karya seni instalasi.

Melalui adanya kolaborasi kedua belah pihak ini sebagai upaya mewujudkan komitmen untuk terus mendukung pertumbuhan Industri Kreatif Indonesia. TACO sendiri telah lama menunjukkan komitmennya dalam mendukung industri kreatif, yang tercermin melalui serangkaian kolaborasi dengan seniman-seniman berbakat.

Dyatmiko Bawono dan Santi Ariestyowanti, Founder Indieguerillas secara kreatif mengintegrasikan huruf TACO sebagai simbol kebebasan berimajinasi, hal ini menjadi dasar fondasi dalam sebuah karya seni.

“Inspirasi paling dasar karya seni ini dari wayang kulit yang bentuknya flat gimana cara wayang kulit bisa berdiri tanpa ditancap di batang pisang akhirnya kita bikin wayang kulit yang bisa saling menopang sehingga bisa berdiri seperti ini, itu sebenarnya menyiratkan bahwa kita mahluk sosial yang suka bergotong rotong untuk bersama mencapai tujuan,” ujar Dyatmiko Bawono kepada SINDOnews.com disela sela wawancara di kawasan Indonesia Desain District di kawasan PIK 2, Rabu 21/2/2024)

Miko sapaan akrabnya mengaku merasa cukup senang dengan hasilnya di luar. Ke depan ia akan memakai bahan dari produk TACO untuk karya selanjutnya.

“Kami sangat antusias dapat berkolaborasi dengan TACO. Dengan melihat beragam produk yang dimiliki oleh TACO, kami merasa memiliki kebebasan untuk menghadirkan imajinasi karya seni dengan konsep yang lebih luas dan tanpa batas,”ungkapnya.

Lebih lanjut Miko menjelaskan bahwa konsep karya seni yang mereka berdua rancang ini pun didasarkan pada empat bagian besar yang menggambarkan huruf T, A, C, dan O. Setiap huruf terlihat seolah-olah sedang menari, bergerak, dan beraktivitas dengan wajah yang tertawa lebar, mencerminkan kegembiraan dan semangat.

Lebih dari itu, huruf-huruf ini saling membahu, saling menopang satu sama lain, menciptakan kesan persatuan, kesatuan, dan kebersamaan yang menguatkan entitas tersebut dan memungkinkannya untuk mengarungi waktu dengan tegar.

“Dengan menggabungkan berbagai produk TACO mulai dari warna, motif, dan tekstur, kami dapat dengan mudah menciptakan karya seni yang unik dan menarik.” tuturnya.

Santi Ariestyowanti, Founder Indieguerillas lain menambahkan bahwa kolaborasi ini, mampu menciptakan karya seni yang mencerminkan inovasi dan keberanian dalam mengeksplorasi produk TACO yang terinspirasi dari wayang kulit yang memiliki nilai filosofi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1892 seconds (0.1#10.140)