Desainer Katharine Hamnett Buang Penghargaan dari Ratu Elizabeth II, Protes Sikap Inggris pada Palestina

Jum'at, 23 Februari 2024 - 07:55 WIB
loading...
Desainer Katharine Hamnett Buang Penghargaan dari Ratu Elizabeth II, Protes Sikap Inggris pada Palestina
Desainer Inggris Katharine Hamnett membuang medali dari mendiang Ratu Elizabeth II ke tempat sampah. Foto/ Instagram
A A A
JAKARTA - Desainer Inggris Katharine Hamnett membuang medali penghargaan dari mendiang Ratu Elizabeth II ke tempat sampah. Dia memprotes sikap Inggria pada Palestina .

Ikon fesyen Inggris ini mengaku muak menjadi warga mendiang Ratu Elizabeth lantaran pendirian Inggris di Gaza.



“Saya muak menjadi orang Inggris karena peran kami dalam genosida di Gaza,” kata Katharine Hamnett dikutip new arab.

Reaksi itu diperlihatkan ketika Katharine Hamnett merilis sebuah video yang mengatakan bahwa CBE, medali penghargaan yang diberikan dari mendiang Ratu Elizabeth itu ‘berada di tempat sampah’ bersama dengan PM, pemimpin oposisi.

Perancang busana Inggris Katharine Hamnett itu nampaknya telah melepaskan kehormatan yang diterimanya untuk memprotes sikap pemerintah Inggris terhadap Gaza.

Hamnett, 76, yang terkenal karena mempelopori slogan T-shirt, diangkat menjadi komandan Ordo Paling Unggul Kerajaan Inggris pada 2011 sebagai pengakuan atas pengaruhnya terhadap industri fashion.

Minggu ini, dia merilis klip video pendek yang menunjukkan dia berada di luar pintu depan, mengenakan kaus khas dengan tulisan “Disgusted to be British” terpampang di bagian depan, melemparkan medali CBE-nya ke tempat sampah.



“Ini CBE saya. Hal ini termasuk dalam tempat sampah, bersama (Perdana Menteri Inggris Rishi) Sunak dan (pemimpin Partai Buruh Sir Keir) Starmer,” ucapnya.

Hamnett, yang terkenal karena aktivisme politiknya merilis klip tersebut menjelang serangkaian usulan mosi di House of Commons yang menyerukan gencatan senjata antara Israel dan Hamas di Gaza.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3085 seconds (0.1#10.140)