Gadis Cantik Ini Ingin Perjuangkan Nasib Kaum Disabilitas lewat Ajang Miss Indonesia 2024

Minggu, 25 Februari 2024 - 23:59 WIB
loading...
Gadis Cantik Ini Ingin Perjuangkan Nasib Kaum Disabilitas lewat Ajang Miss Indonesia 2024
Peserta ini berharap Miss Indonesia bisa menjadi wadah bagi dia untuk terus menyuarakan kesetaraan untuk anak-anak berkebutuhan khusus di Indonesia. Foto/MPI/Ihya Ulumuddin
A A A
SURABAYA - Ajang Miss Indonesia menginspirasi para peserta untuk menyebarkan virus kebaikan. Dari perjuangan hak-hak perempuan, literasi hingga keberpihakan kepada penyandang disabilitas.

Misi itu pula yang diemban oleh peserta audisi asal Kota Malang, Catherine Mag. Gadis 20 tahun itu berharap Miss Indonesia bisa menjadi wadah bagi dia untuk terus menyuarakan kesetaraan untuk anak-anak berkebutuhan khusus di Indonesia.

Catherine menyampaikan, jumlah penyandang disabilitas di Indonesia cukup banyak. Merujuk data Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK RI), jumlah penyandang disabilitas di Indonesia mencapai 22,97 orang atau 8,1 persen dari total penduduk Indonesia.



Ironisnya, belum banyak dari mereka yang mendapatkan fasilitas yang semestinya, terutama dalam bidang pendidikan.

"Umumnya mereka dimasukkan ke sekolah disabilitas. Dibikin grup sendiri. Harusnya malah digabung, seperti halnya sekolah inklusi," kata lulusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang (UM) itu.

Catherine berharap, lewat sekolah inklusi, para penyandang disabilitas mendapat hak yang sama dengan siswa normal lain.

"Mereka berhak dapat pendidikan layak, diasah skill-nya sehingga punya kemampuan sama dengan yang lain," tuturnya.

Perjuang itu pula yang selama ini Catherine lakukan bersama LSM Lingkar Sosial dan Rumah Gembira. Bersama komunitasnya, dia melakukan kerja-kerja sosial dengan memberikan pendampingan kepada anak-anak penyandang disabilitas di Kota Malang.

"Kami bikin kelas kewirausahaan. Kami ajari mereka motif-motif batik. Kami datangkan mentor. Harapannya, mereka bisa bisnis dan sejahtera," tuturnya.



Tak hanya itu, dia juga kerap membuka kelas bahasa isyarat untuk anak-anak penyandang tuna rungu. Tujuannya agar bisa berinteraksi dan menyuarakan segala hal yang mereka butuhkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1426 seconds (0.1#10.140)