Apa Penyebab Bisa Kena Angin Duduk? Waspadai 10 Hal Ini

Rabu, 28 Februari 2024 - 21:00 WIB
loading...
Apa Penyebab Bisa Kena Angin Duduk? Waspadai 10 Hal Ini
Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang terkena angin duduk. Secara medis, kondisi ini dikenal dengan istilah angina pectoris yang ditandai dengan nyeri. Foto/Louisiana Heart and Vascular
A A A
JAKARTA - Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang terkena angin duduk . Secara medis, kondisi ini dikenal dengan istilah angina pectoris yang ditandai dengan rasa nyeri, tekanan, atau ketidaknyamanan di dada.

Medical Doctor & Health Content Creator dr Kevin Mak mengatakan bahwa angin duduk atau angina pectoris terjadi ketika aliran darah ke jantung terbatas. Kondisi ini biasanya karena penyempitan atau penyumbatan arteri koroner yang memasok darah ke jantung.

Angina pectoris sering kali merupakan gejala penyakit jantung koroner, yang merupakan penyakit arteri koroner paling umum.

"Sebenarnya apa sih itu angin duduk? Istilah angin duduk secara medis sebenarnya disebut sebagai angina pectoris," kata dr Kevin dikutip dari akun Instagram pribadinya, @drkevinmak, Rabu (28/2/2024).



"Yaitu kelainan nyeri dada yang biasanya dihubungkan dengan penyempitan pembuluh darah jantung akibat penumpukan kolesterol atau adanya penyumbatan," sambungnya.

Penyebab Angin Duduk



Adapun penyebab utama dari penyempitan atau penyumbatan arteri koroner yang menyebabkan angina pectoris adalah aterosklerosis, yaitu penumpukan plak di dinding arteri. Faktor risiko yang dapat menyebabkan terjadinya kondisi ini dan akhirnya angina pectoris meliputi:

1. Merokok


Merokok adalah salah satu faktor risiko utama untuk aterosklerosis dan penyakit jantung koroner.

2. Hipertensi


Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat merusak dinding arteri dan menyebabkan penumpukan plak aterosklerosis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1153 seconds (0.1#10.140)