alexametrics

Rutin Konsumsi Sayur dan Buah Bisa Cegah Stres dan Depresi

loading...
Rutin Konsumsi Sayur dan Buah Bisa Cegah Stres dan Depresi
Rutin mengkonsumsi sayur dan buah ternyata bisa mencegah stres dan depresi. Hal itu berdasarkan penelitian oleh University College Cork. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Peneliti kembali menemukan manfaat runtin mengkonsumsi sayur dan buah. Tak hanya baik untuk pencernaan, juga dapat membantu menjauhkan stres dan mencegah depresi. Penelitian ini dilakukan oleh University College Cork.

Dilansir The Sun, Profesor John Cryan mengatakan kandungan serat pada buah dan sayur dapat menstimulasi bakteri baik di usus untuk memproduksi enzim SCFA. Sementara enzim SCFA bekerja untuk menurunkan kadar stres pada tubuh.

"Dengan menurunnya kadar stres, maka risiko mengalami masalah kejiwaan turunannya seperti kecemasan dan depresi juga bisa berkurang," kata Cryan.

Penelitian dilakukan dengan cara memberikan asupan makanan tinggi serat pada mencit. Selanjutnya, mencit dianalisis kadar bakteri baik dalam pencernaannya dan dites kadar stresnya. Hasilnya ditemukan tidak terduga bahwa asupan yang kaya serat mampu membuat mencit lebih bahagia.

Fakta lainnya juga ditemukan, risiko gangguan kecemasan dan depresi menurun dibandingkan mencit yang tidak mengonsumsi sayur dan buah. Namun, peneliti belum mengetahui apa peran serat sehingga dapat membuat produksi enzim SCFA meningkat. Peneliti menduga, ini berhubungan dengan sifat bakteri baik pada usus yang tumbuh subur jika konsumsi serat meningkat.
(tdy)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak