alexametrics

7 Tips Lindungi Mata dari Cahaya Smartphone

loading...
7 Tips Lindungi Mata dari Cahaya Smartphone
Cahaya smartphone merusak mata. Ada beberapa cara mengatasinya. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Smartphone telah memasuki kehidupan yang membuat pola tidur berubah. Dan tidak mengherankan saat Anda membuka ponsel di tempat tidur dengan cahaya mimim dapat merusak penglihatan.

Peneliti dari University of Toledo mengatakan cahaya biru dari layar smartphone dapat menyebabkan kebutaan. Studi ini menemukan bahwa cahaya biru menimbulkan reaksi racun dalam molekul retina yang merasakan cahaya dan sinyal otak.

Akibatnya, reaksi kimia beracun terjadi membunuh fotoreseptor di mata, yang tidak dapat dipulihkan begitu mereka mati. Lalu, bagaimana melindungi mata dari layar ponsel? Seperti dilansir Boldsky, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports mengatakan ini mengarah pada degenerasi macula (penurunan penglihatan pusat), penyakit mata yang tidak dapat disembuhkan yang menyebabkan kebutaan.

Degenerasi makula juga terkait usia dan dibagi dua jenis, degenerasi makula kering dan basah. Ketika pembuluh darah bocor tumbuh di bawah retina, itu disebut degenerasi makula basah. Dan degenerasi makula kering adalah ketika pusat retina memburuk.

Para peneliti juga mempelajari dampak lain cahaya biru yang berasal dari TV, smartphone dan tablet terhadap kesehatan. Berikut ini beberapa cara mudah untuk menyelamatkan mata dari silau cahaya ponsel cerdas.

1. Istirahatkan Mata

Istirahat mata dari melihat layar ponsel setiap 20 menit selama 20 detik. Kemudian lihat sesuatu sejauh 20 kaki. Cara hal ini akan mengendurkan otot-otot mata untuk sementara dan memberi Anda sedikit istirahat.

2. Kedipkan Mata Lebih Sering

Mengedipkan mata lebih saat Anda berkonsentrasi pada smartphone hal ini akan membuat mata lembab dan mengurangi iritasi dan kekeringan. Jadi, pastikan bahwa Anda mengedipkan mata Anda sekitar 10 kali setiap 20 menit.

3. Turunkan Cahaya Smartphone

Tatapan layar dapat membuat mata cepat lelah. Jadi, pastikan ponsel Anda dilengkapi dengan kaca anti-silau. Ini akan melindungi mata. Anda juga dapat mengunduh aplikasi reduksi cahaya untuk mengurangi cahaya biru di perangkat Anda.

4. Pegang Smartphone Lebih Jauh

Secara umum, sebagian besar orang cenderung memegang smartphone mereka hanya sekitar 8 inci dari wajah. Alasannya untuk mendapatkan tampilan yang lebih baik atau lebih dekat. Ini tidak baik untuk mata karena cahaya biru dapat memengaruhi mata. Coba pegang ponsel cerdas Anda, setidaknya 16 hingga 18 inci dari mata. Ini mungkin terasa aneh ketika Anda melakukannya untuk pertama kali, tetapi secara bertahap Anda akan terbiasa.

5. Matikan Telepon Sebelum Waktu Tidur

Menurut National Sleep Foundation, cahaya biru juga dapat memengaruhi tidur dengan menekan produksi hormon melatonin. Melatonin memainkan peran kunci dalam pengaturan siklus tidur dan produksinya dipengaruhi oleh deteksi cahaya biru di smartphone Anda. Jadi, matikan ponsel Anda setidaknya 30 menit sebelum waktu tidur.
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak