Pentingnya Mengenali Gejala Kanker pada Anak sejak Dini

Jum'at, 01 Maret 2024 - 21:12 WIB
loading...
Pentingnya Mengenali Gejala Kanker pada Anak sejak Dini
Kanker masih merupakan salah satu penyebab kematian anak terbanyak di dunia. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Orang tua dan tenaga medis penting untuk mengenal serta mewaspadai gejala kanker sejak dini pada anak. Sebab, kanker anak saat ini belum dapat dideteksi dengan skrining.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kanker masih merupakan salah satu penyebab kematian anak terbanyak di dunia.

Adapun jumlah penderita kanker anak yang terdata di Indonesia (Globocan 2020) sebanyak 11.156 kasus, di mana leukemia (kanker darah) merupakan kasus tersering yang menyerang anak. Disusul kanker mata (retinoblastoma), kanker kelenjar getah bening (limfoma), tumor otak, kanker tulang (osteosarkoma), dan neuroblastoma.

Dokter Spesialis Hematologi Onkologi Anak dr. Ludi Dhyani Rahmartani, Sp.A(K) mengatakan, kanker anak saat ini belum dapat dideteksi dengan skrining. Oleh karenanya, penting bagi para orang tua dan tenaga medis untuk mengenal serta mewaspadai gejala kanker sejak dini pada anak.

"Karena diagnosis dan terapi sedini mungkin adalah kunci utama keberhasilan pengobatan," imbuhnya.

Peran orang tua, lanjut dr. Ludi, sangat diperlukan dalam membiasakan pola hidup sehat sejak dini, termasuk mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi.

"Termasuk mendampingi anak yang sedang berjuang dalam pengobatan kanker, pemberian nutrisi yang tepat dan adekuat dapat membantu menurunkan morbiditas serta mortalitas," terangnya.

Sementara itu, untuk mendukung kesejahteraan anak Indonesia dan dalam rangka memperingati Hari Kanker Anak Sedunia, PT Hero Supermarket Tbk melalui unit bisnis Hero Supermarket kembali berkolaborasi dengan Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia (Pita Kuning).
Pentingnya Mengenali Gejala Kanker pada Anak sejak Dini

Hero Supermarket berkolaborasi dengan Pita Kuninguntuk mendukungkesejahteraan anak Indonesia. Foto/Istimewa

Program kolaborasi bersama Pita Kuning ini merupakan bagian dari kampanye berkelanjutan Hero For Life di bidang kesehatan yaitu #HeroForWellness yang fokus untuk mendukung program kesehatan masyarakat Indonesia.

Direktur Hero Supermarket Hendy mengatakan, dalam rangka memperingati hari kanker anak sedunia, pihaknya bersinergi dengan Pita Kuning untuk mendukung peningkatan penanganan kanker pada anak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1784 seconds (0.1#10.140)