Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak Secara Alami, Penting Hindari Gorengan

Sabtu, 02 Maret 2024 - 15:50 WIB
loading...
Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak Secara Alami, Penting Hindari Gorengan
Cara menyembuhkan batuk berdahak secara alami bisa menjadi obat alternatif. Batuk berdahak gejala umum yang biasanya disebabkan infeksi virus atau bakteri. Foto/Mydr
A A A
JAKARTA - Cara menyembuhkan batuk berdahak secara alami bisa menjadi obat alternatif. Batuk berdahak adalah gejala umum yang biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri pada saluran pernapasan atas.

Batuk berdahak kerap kali membuat tenggorokan gatal dan menimbulkan rasa kurang nyaman. Medical Doctor & Health Content Creator dr Kevin Mak membagikan cara menyembuhkan batuk berdahak secara alami.

Salah satu cara yang paling mudah yaitu menahan diri untuk mengonsumsi makanan yang mengandung minyak, pedas, dan terlalu manis.

“Yang pertama ini sebenernya gampang tapi susah untuk dilakuin, yaitu semasa penyembuhan dari batuk berdahak hindarilah makanan yang sifatnya gorengan, terlalu manis, atau berminyak dan pedas,” kata dr. Kevin dikutip dari akun TikTok pribadinya, @drkevinmak, Sabtu (2/3/2024).



Meski terasa enak, jenis makanan tersebut bisa meningkatkan produksi dahak dan memicu timbulnya rasa gatal di tenggorokan, khususnya pada malam hari. Sehingga dikhawatirkan kondisi batuk tidak kunjung sembuh.

Selain itu, dr. Kevin juga menyarankan untuk menggunakan larutan air garam untuk berkumur-kumur. Selain mudah, langkah ini juga bisa dilakukan di rumah.

“Anda bisa kumur dengan larutan air garam. Gunakan satu gelas 200 cc air ditambah dengan dua sampai tiga sendok teh garam. Lalu kumur sampai ke tenggorokan belakang,” jelasnya.

Larutan air garam dapat membantu melunakan dahak membandel yang ada di tenggorokan. Tak cuma itu, berkumur dengan air garam bisa memberikan sensasi nyaman pada tenggorokan.



Jika kondisi batuk tak kunjung sembuh, dr. Kevin menganjurkan untuk segera membeli obat batuk. Jika khawatir obat yang dikonsumsi bisa menimbulkan efek samping seperti mengantuk atau mual, pilihlah obat yang mengandung bahan herbal.

Beberapa bahan herbal seperti daun legundi, rimpang jahe, dan juga daun saga sangat bagus untuk mengobati batuk berdahak. Di mana bahan-bahan ini memberikan efek hangat yang menenangkan tenggorokan.

“Karena menurut penelitian, herbal-herbal ini bisa bekerja sebagai anti radang dan membantu masa penyembuhan serta bersifat sebagai antitusif yaitu mengurangi reflek batuk,” pungkasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2055 seconds (0.1#10.140)