Mengintip Pesona Moscow Kremlin yang Jadi Ikon Rusia, Ada Makam Pemimpin Uni Soviet Vladimir Lenin

Minggu, 03 Maret 2024 - 11:03 WIB
loading...
Mengintip Pesona Moscow Kremlin yang Jadi Ikon Rusia, Ada Makam Pemimpin Uni Soviet Vladimir Lenin
Moscow Kremlin jadi salah satu destinasi wisata di Rusia yang paling ikonik. Destinasi wisata ini juga sebagai kantor pemerintah Rusia. Foto/ mpi
A A A
MOSKOW- Moscow Kremlin adalah salah satu destinasi wisata di Rusia yang paling ikonik dengan tembok benteng merahnya yang berdiri megah. Bukan hanya sebagai destinasi wisata, tempat ini juga berfungsi sebagai kantor resmi pemerintah Rusia.

Di dalam kompleks ini juga terdapat empat katedral, lima istana dan beberapa kantor pemerintah, salah satunya yang paling ikonik adalah St. Basil's Cathedral.



St. Basil's Cathedral seringkali menjadi ikon dari Kota Moscow, dan bahkan dari Rusia itu sendiri. Katedral ini dibangun pada tahun 1555 oleh Tsar Rusia yang pertama, Ivan IV. Bahkan, di dekat tembok merah megah itu, terdapat sebuah monumen bernama Mausoleum Lenin, tempat jasad pemimpin pertama Uni Soviet, Vladimir Lenin diawetkan dan disemayamkan.

Di balik kemegahan tembok merah benteng Kremlin, terdapat gedung khas berwarna kuning yang merupakan kediaman Presiden Rusia saat ini, Vladimir Putin. Maka dari itu, tak heran jika area Kremlin ini seringkali dijaga oleh tentara Rusia yang selalu berkeliling.

Anda pun bisa masuk ke area ini jika Anda berhasil lolos dari detektor logam di beberapa area pintu masuk Red Square.
Mengintip Pesona Moscow Kremlin yang Jadi Ikon Rusia, Ada Makam Pemimpin Uni Soviet Vladimir Lenin

Red Square, sebuah lapangan dan plaza terbuka yang luas juga berlokasi di tempat ini, memisahkan benteng Kremlin ini dari wilayah perkotaan Moscow, dan tempat ini selalu dipadati pengunjung, baik warga lokal maupun turis mancanegara.

Di tengah Red Square yang juga menjadi landmark Moscow ini, terdapat gelaran pasar malam yang dipenuhi berbagai atraksi dan jajanan jalanan (street foods) yang juga disajikan dengan hangat, menemani pengunjung di tengah cuaca Rusia yang dingin.

Pasar malam ini pun berhadapan juga dengan museum berwarna merah tua, State Historical Museum yang memamerkan peninggalan suku-suku prasejarah yang pernah mendiami Rusia.

Bahkan, pencahayaan yang meriah nan festive di pasar malam ini menambahkan warna tersendiri di tengah dinginnya Moscow yang tertimbun salju. Jika Anda tertarik untuk membeli souvenir khas Moscow, Anda bisa mengunjungi berbagai stall dan toko souvenir yang tersebar di sejumlah penjuru area Red Square ini.

Selain itu, terdapat pusat perbelanjaan mewah, bernama GUM, yang menghadap ke arah Red Square. Pusat perbelanjaan ini selalu dipenuhi pengunjung, baik mereka yang ingin menikmati suasana Red Square yang ramai, dan juga mereka yang ingin berbelanja berbagai produk dari brand-brand fashion ternama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5800 seconds (0.1#10.140)