FTMM Unair Luluskan 45 Mahasiswa di Wisuda Perdana, Dekan: Status Akreditasi Target Selanjutnya

Senin, 04 Maret 2024 - 10:30 WIB
loading...
FTMM Unair Luluskan 45 Mahasiswa di Wisuda Perdana, Dekan: Status Akreditasi Target Selanjutnya
Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM) Universitas Airlangga (Unair) meluluskan 45 mahasiswa dalam wisuda perdana, Minggu (3/3/2024). Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM) Universitas Airlangga (Unair) meluluskan 45 mahasiswa yang terdiri atas 12 wisudawan dari program studi Rekayasa Nanoteknologi; 11 wisudawan Teknik Elektro; 11 wisudawan Teknik Industri; 1 wisudawan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan; dan 10 wisudawan Teknologi Sains Data di wisuda perdana, Minggu (3/3/2024)

Sebagai perayaan wisuda kali pertama, FTMM juga menggelar arak-arakan yang turut memeriahkan momen wisuda kali ini. Seluruh mahasiswa dari kelima program studi turut hadir menyambut lulusan pertama di depan Gedung Nano, Kampus MERR-C.

Dekan FTMM Prof Dr Dwi Setyawan SSi MSi Apt menyampaikan, butuh perjuangan bagi FTMM untuk berada di titik tersebut dengan melewati berbagai tantangan. Bermula saat pandemi Covid-19 yang mewajibkan perkuliahan secara daring, sehingga antara mahasiswa dan dosen tidak saling bertemu hingga pandemi mereda.



“Walau tidak bertemu secara langsung dan perkuliahan berlangsung secara daring, untungnya mahasiswa FTMM ini melek dengan teknologi. Hal Itu tidak terlalu menjadi hambatan bagi kita. Tantangan selanjutnya adalah ketika ingin meluluskan mahasiswa, maka
FTMM ini harus terakreditasi,” jelas Prof Dwi.

FTMM terus berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi mahasiswanya. Hal tersebut terbukti melalui tersedianya sistem pembelajaran, kurikulum, fasilitas, hingga dosen-dosen yang terbaik dan mumpuni sesuai dengan fokus bidang di FTMM.

“Tentu, FTMM melakukan berbagai upaya untuk meluluskan wisudawan terbaiknya. Kita telah menyiapkan berbagai lapangan pekerjaan yang sesuai dengan ke mana arah mahasiswa FTMM nantinya. Fasilitas yang kami berikan dapat membantu mahasiswa untuk mengaktualisasi kemampuan dan mengembangkan berbagai ide-ide kreatifnya,” ungkapnya.

Beasiswa di Luar Negeri

Meski berada dalam status baru menyelesaikan pendidikan, beberapa wisudawan FTMM telah berhasil mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi terbaik Indonesia, Taiwan, hingga Jepang.

“Selain itu, beberapa mahasiswa FTMM juga telah diterima di beberapa perusahaan ternama, seperti Petrosida, Garuda Wisnu Kencana (GWK), serta ada yang menjadi perwakilan perusahaannya sebagai data analyst di Wilayah Timur. Hal tersebut dapat terjadi sebab FTMM tidak hanya mengedepankan teori saja melainkan juga praktik dalam pembelajaran,” ujar Dwi.

Dwi berpesan kepada mahasiswa FTMM yang kelak akan lulus dari Unair untuk terus berusaha dengan tidak mudah menyerah dan selalu memberikan yang terbaik. Mahasiswa FTMM dapat memanfaatkan berbagai fasilitas instrumen, alat-alat, izin, serta kemampuan dosen-dosennya.

Prof Dr Ni’matuzahroh Dra selaku Wakil Dekan I FTMM menambahkan bahwa FTMM selalu menjunjung sinergi antara mahasiswa dan dosen. Hal tersebut terbukti melalui banyaknya mahasiswa yang kerap tergabung dalam penelitian dosen.

“Bergabungnya mahasiswa dalam penelitian dosen dapat memudahkan mahasiswa untuk mendapatkan karya lebih awal. Sehingga, memungkinkan bagi mereka untuk lulus lebih awal dalam waktu 3,5 tahun,” ucap Prof Ni’ma.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1437 seconds (0.1#10.140)