Pencernaan Sehat Berpengaruh terhadap Pertumbuhan Otak Anak

Jum'at, 08 Maret 2024 - 20:02 WIB
loading...
Pencernaan Sehat Berpengaruh terhadap Pertumbuhan Otak Anak
Pencernaan sehat berpengaruh terhadap pertumbuhan otak anak. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pencernaan sehat berpengaruh terhadap pertumbuhan otak anak. Sebab, saluran cerna merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang mendukung kesehatan secara keseluruhan, suasana hati, dan sosial emosional si kecil.

Karena itu, kesehatan saluran cerna sebagai fondasi kesehatan secara holistik merupakan awal dari tumbuh kembang optimal anak di setiap tahapan usianya.

Dalam rangka memperingati Social Emotional Learning Day, PT Nutricia Indonesia Sejahtera (Nutricia) melalui platform digital Bebeclub mengajak para orang tua untuk bersama-sama mendukung perkembangan sosial emosional anak agar bisa tumbuh menjadi anak hebat.

Dokter Spesialis Anak Konsultan dan Ahli Gastrohepatologi, Dr. dr. Muzal Kadim, Sp.A(K) mengatakan, menjaga kesehatan saluran cerna si kecil dapat menjadi landasan kesehatan anak secara keseluruhan di masa mendatang.

"Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk menjaga kesehatan saluran cerna si kecil dimulai dari masa pembentukan dan perkembangannya,” ujar dr. Muzal di Jakarta, Jumat (8/3/2024).



Saluran cerna, menurut dr. Muzal, merupakan otak kedua manusia atau enteric nervous system (ENS). Saluran cerna memiliki pengaruh yang penting dalam tumbuh kembang seorang anak.

"Karena otak dan saluran pencernaan saling terhubung sebagai gut-brain axis. Fungsi gut-brain axis ini bisa memengaruhi kinerja otak hingga menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, di mana nutrisi yang terserap optimal di usus bisa menjadi asupan untuk mendukung kinerja optimal otak dan mendukung sistem daya tahan tubuh," bebernya.

Selain itu, usus yang sehat juga dapat mempengaruhi sosial-emosional anak, karena sekitar 90% serotonin diproduksi oleh sel-sel dalam usus.

"Dan akan mengalir ke seluruh tubuh melalui sirkulasi darah yang berperan penting dalam mengatur suasana hati atau mood, bahkan nafsu makan,” terang dr. Muzal.

Mengingat pentingnya kesehatan usus untuk mendukung perkembangan dan kinerja otak serta kesehatan anak, maka asupan nutrisi harian si kecil harus terpenuhi dengan baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1068 seconds (0.1#10.140)