5 Makanan yang Bikin Asam Urat Kambuh saat Buka Puasa

Minggu, 10 Maret 2024 - 05:00 WIB
loading...
5 Makanan yang Bikin Asam Urat Kambuh saat Buka Puasa
Makanan yang bikin asam urat kambuh saat buka puasa mengandung tinggi purin. Asam urat senyawa kimia yang terbentuk ketika tubuh menguraikan zat bernama purin. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Makanan yang bikin asam urat kambuh saat buka puasa mengandung tinggi purin yang sebaiknya dihindari atau batasi konsumsinya. Asam urat merupakan senyawa kimia yang terbentuk ketika tubuh menguraikan zat bernama purin.

Purin biasanya ditemukan dalam makanan tertentu. Tingkat asam urat yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti rematik atau bahkan batu ginjal. Penting untuk menjaga kadar asam urat dalam batas normal saat buka puasa .

Caranya dengan mengadopsi pola makan sehat saat buka puasa, mengurangi konsumsi alkohol, dan menghindari faktor risiko lainnya. Konsumsi makanan tinggi purin seperti daging merah, makanan laut, dan minuman beralkohol dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Makanan yang Bikin Asam Urat Kambuh saat Buka Puasa



Berikut makanan yang bikin asam urat kambuh saat buka puasa dirangkum dari akun Instagram @drkevinmak, Minggu (10/3/2024).



1. Jeroan

5 Makanan yang Bikin Asam Urat Kambuh saat Buka Puasa

Foto/Istock Photo

“Termasuk ati ampela jantung, babat, kulit beserta kawan-kawan dan sodara-sodaranya. Mending jangan deh,” kata Medical Doctor & Health Content Creator dr Kevin Mak.

2. Kacang-kacangan

5 Makanan yang Bikin Asam Urat Kambuh saat Buka Puasa

Foto/Istock Photo

Beberapa jenis kacang tertentu mengandung purin dalam jumlah yang lebih tinggi dan dapat meningkatkan risiko serangan asam urat jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Beberapa jenis kacang yang harus dihindari di antaranya adalah kacang polong, kacang kenari, dan kacang mete.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1138 seconds (0.1#10.140)