Hari Musik Nasional, Berkarya di Tengah Perjuangan

Sabtu, 09 Maret 2024 - 12:07 WIB
loading...
Hari Musik Nasional, Berkarya di Tengah Perjuangan
Hari Musik Nasional diperingati setiap 9 Maret, menjadi momen refleksi untuk perkembangan musik Indonesia. Foto/ MNC Media
A A A
JAKARTA - Hari Musik Nasional diperingati setiap tanggal 9 Maret, menjadi momen refleksi bagi kita semua terhadap perkembangan musik di Indonesia. Di balik karya yang indah dan efek viral sebuah lagu, terdapat perjuangan para musisi dalam meniti karir dan hidup dari karya mereka. Salah satunya adalah memastikan para musisi dapat hidup layak dari karya mereka yang didengarkan secara legal atau bukan bajakan.

“Musik bajakan dalam bentuk apapun, baik fisik maupun digital, membuat industri musik menjadi tidak sehat dan tergerus. Traffic dan sales ke streaming platforms berkurang, sehingga hak musisi, pencipta, dan produser musik akan ikut terimbas.” ucap Putri Rahartana selaku Executive Director ASIRI (Aliansi Industri Rekaman Musik Indonesia Bersatu).
Hari Musik Nasional, Berkarya di Tengah Perjuangan

Putri juga menambahkan bahwa “ASIRI secara konsisten melakukan koordinasi dengan anggotanya, juga IFPI sebagai payung asosiasi produser rekaman global, untuk mendeteksi musik ilegal yang ada di berbagai platform di Indonesia, baik yang berijin maupun tidak Ketika ditemukan.

Seperti adanya salah satu laporan yang telah ditindak lanjuti mengenai aplikasi streaming audio & video ilegal yang ada di Play Store & App Store yaitu GoTube yang telah terbukti melanggar hak cipta berdasarkan rapat dengan Direktorat Penyidikan DJKI (Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual). Demi terciptanya impian musisi lokal mendapatkan haknya secara layak, ASIRI juga sudah mengirimkan surat ke Direktur Jenderal Pengendalian Aplikasi Informatika Kominfo perihal proses penutupan aplikasi GoTube yang saat ini ASIRI masih menunggu jawaban resmi dari KOMINFO.”

Banyak cara untuk mendukung musisi nasional tetap berkarya dan mendapatkan haknya dengan layak salah satunya adalah dengan mendengarkan musiknya di aplikasi musik secara legal seperti TREBEL Music. Ada lebih dari 90 juta lagu yang bisa kamu nikmati tanpa bayar selamanya, kamu juga bisa mendengarkan musik di TREBEL tanpa internet dan semuanya legal/ resmi.
Hari Musik Nasional, Berkarya di Tengah Perjuangan
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0964 seconds (0.1#10.140)