alexametrics

Kurang Istirahat Bikin Seseorang Mudah Terserang Flu

loading...
Kurang Istirahat Bikin Seseorang Mudah Terserang Flu
Kurang istirahat menjadi salah satu yang bisa membuat seseorang terserang flu. Pasalnya mereka yang kurang tidur memiliki kekebalan tubuh yang menurun. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Flu bisa menyerang siapa saja. Penyakit ini disebabkan oleh virus rhinovirus yang mudah berpindah melalui udara atau sentuhan tangan yang terpapar. Umumnya, penderita flu akan mengalami beberapa gejala yang membuat mereka harus beristirahat.

Mulai hidung berair, tenggorokan sakit, demam ringan, sakit kepala hingga bersin-bersin. Dilansir Prevention, tanpa disadari ada beberapa kebiasaan yang menyebabkan seseorang mudah terserang flu. Salah satunya kurang istirahat.

Mereka yang kurang istirahat atau tidak cukup tidur akan memiliki kekebalan tubuh yang menurun. Sedangkan, sistem kekebalan tubuh yang kuat mampu melawan berbagai macam virus, termasuk diantaranya virus penyebab flu. Idealnya, usia dewasa tidur malam adalah 7 jam.

Flu juga tak hanya karena kurang istirahat, juga kebiasaan tidak mencuci tangan bisa menjadi penyebab. Oleh karena itu, cuci tangan dengan sabun atau gel pencuci tangan yang mengandung alkohol selama 20 detik sampai tangan benar-benar bersih. Ini merupakan cara paling efektif mencegah flu.

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga sangat penting. Tidak hanya mencegah dehidrasi, juga untuk mencegah penyakit flu. Ini disebabkan karena dehidrasi membuat sistem imun tubuh lemah sehingga virus mudah menyerang. Selain itu, pastikan juga tangan dalam keadaan beresih saat menyentuh wajah.

Pasalnya, tangan mengandung banyak kuman sehingga virus bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung dan mulut saat tangan menyentuh wajah. Daya tahan tubuh yang lemah menjadi penyebab utama seseorang mudah terserang flu. Untuk mengatasinya, tingkatkan kekebalan tubuh dengan rutin berolahraga.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak