alexametrics

Mengelola Kreativitas dan Produktivitas

loading...
Mengelola Kreativitas dan Produktivitas
A+ A-
Bertujuan untuk menumbuhkan seniman-seniman muda di bidang seni pertunjukan Indonesia, Garin Workshop bekerja sama dengan Bakti Budaya Djarum Foundation kembali menyelenggarakan program Ruang Kreatif: Seni Pertunjukan Indonesia.

Program yang telah berjalan selama tiga tahun ini melibatkan instruktur dari seniman profesional yang akan membagi ilmu dan pengalaman menangani proyek seni kolaboratif.

Pada tahun ini Garin Nugroho berkolaborasi dengan seniman-seniman yang telah dikenal di kancah seni pertunjukan untuk menghadirkan serangkaian program mulai dari roadshow Bincang Kreatif Seni Pertunjukan, seleksi Art Project Development Proposal, Pitching Forum, Workshop, mentoring proses produksi seni pertunjukan terpilih, hingga pementasan yang akan dilakukan di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta.

Sebagai pembuka, Garin Workshop mengadakan Roadshow Bincang Kreatif Seni Pertunjukan Indonesia yang mempertemukan seniman pelaku seni pertunjukan ternama dengan seniman-seniman muda pelaku seni pertunjukan di berbagai daerah.



Salah satu program unggulan ruang kreatif adalah seleksi proposal seni pertunjukan atau Art Project Development Proposal. Program ini membuka kesempatan bagi para seniman muda untuk mengirimkan ide dan konsep kreatif dalam bentuk proposal.

Kompetisi Art Project Development Proposal dibuka sejak 12 September hingga 31 Oktober 2018 dan proposal yang dibuat dapat diunggah melalui website www.indonesia kaya.com/ruang kreatif.

Selan jutnya, proposal yang masuk akan diseleksi dan yang terpilih berkesempatan untuk mengikuti workshop dengan diwakili oleh pimpinan produksi, dan mendapatkan materi tentang penulisan ide, wawasan teknis, cara membuat dan mengomunikasikan sebuah proposal, serta mengelola manajemen dalam sebuah produksi seni pertunjukan.

“Dengan adanya rangkaian program ini dan adanya proses seleksi terbaik melalui mekanisme pitching forum di hadapan para juri profesional, diharapkan menjadi ajang pembelajaran para pimpinan produksi muda dalam mempresentasikan konsep dan karya seni pertunjukannya,” kata Garin Nugroho.

Kelompok seni yang berhasil lolos dalam pitching forum kemudian akan mendapatkan kesempatan untuk menampilkan karyanya di panggung Galeri Indonesia Kaya pada setiap akhir pekan di bulan Maret 2019.

Dalam proses produksinya, mereka akan didampingi oleh para mentor yang sudah berpengalaman untuk berdiskusi ataupun membuka wawasan terhadap karya yang akan ditampilkan nanti.

“Kami harap, di tahun ketiga ini semakin banyak lagi para seniman muda yang berparti sipasi dalam program Ruang Kreatif Seni Pertunjukan Indonesia,” ucap Renitasari Adrian, program director Bakti Budaya Djarum Foundation.

Dalam roadshow Bincang Kreatif Seni Pertunjukan yang diadakan di empat kota, di antaranya Pekanbaru, Solo, dan Makassar ini akan menggandeng seniman senior yang berbakat di bidangnya seperti Eko Supriyanto, Rama Soeprapto, Iswadi Pratama, dan Ayu Laksmi. Tak ketinggalan, beberapa peserta terpilih di tahun-tahun sebelumnya pun turut hadir dalam roadshow kali ini.
(don)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak