Demi FYP, Begini Cara Bikin Konten Sinematik lewat Smartphone

Rabu, 13 Maret 2024 - 13:08 WIB
loading...
Demi FYP, Begini Cara Bikin Konten Sinematik lewat Smartphone
Cara bikin konten sinematik lewat smartphone bisa dilakukan dengan mengutilisasi fitur-fitur di dalamnya. Foto: Samsung Indonesia
A A A
JAKARTA - Konten traveling sinematik yang sering muncul di For You Page (FYP) TikTok atau Instagram Reels memang menarik perhatian. Tapi, bagaimana cara membuatnya lewat smartphone?

Konten sinematik ala profesional saat ini justru lebih mudah dibikin. Demikian diungkap MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia Verry Octavianus.

Menurutnya, ini karena konten yang sebelumnya butuh alat dan keahlian profesional bisa dilakukan dengan fitur-fitur di HP terbaru. Ia mencontohkan kemampuan Nightography di Galaxy S24 Series bisa merekam video dengan kualitas jernih di kondisi gelap.

Sementara Pro Video memungkinkan pengaturan manual layaknya kamera profesional untuk pengambilan video. Nah, berikut beberapa tips menciptakan konten sinematik lewat HP:

1. Efek Sinematik dengan Memainkan Cahaya
Demi FYP, Begini Cara Bikin Konten Sinematik lewat Smartphone

Memang menciptakan konten di kondisi low light berisiko. Yakni, footage atau gambar tidak bisa dipakai karena terlalu banyak distorsi atau noise. Padahal, memainkan cahaya di kondisi low light seperti melihat pertunjukan budaya di malam hari, festival lampion, camping di pegunungan, atau menikmati nightlife di destinasi tertentu sangat mudah untuk mendapatkan hasil dramatis.

Nah, pengguna Galaxy S24 Series bisa memanfaatkan kemampuan Nightography. Ini memudahkan mereka untuk menghasilkan gambar jernih dan tajam di pencahayaan minim. Sisanya, tinggal fokus pada variasi angle. Nah, berikut tipsnya:

- Arahkan kamera ke suatu sumber pencahayaan untuk menciptakan efek biasan sinematik.
- Ciptakan transisi video cantik dengan mengambil footage yang membelakangi sumber pencahayaan.
- Kombinasikan footage-footage tersebut saat editing untuk menciptakan variasi konten berbeda.

Verry mengatakan, Galaxy S24 Series dibekali chipset flagship dengan AI ISP untuk meningkatkan kemampuan Nightography. “AI ISP membantu perangkat membedakan pergerakan perekam dengan subjek yang direkam untuk menciptakan video lebih smooth di kondisi minim cahaya,” ungkapnya.

Adapun AI di arsitektur ISP tersebut mendukung noise reduction lebih optimal. “Sehingga perangkat mampu menghasilkan video lebih jernih di kondisi low-light, termasuk saat merekam dengan zoom,” ia menambahkan.

2. Memakai Pro Video
Demi FYP, Begini Cara Bikin Konten Sinematik lewat Smartphone

Menggunakan pengaturan manual Pro Video di kondisi pencahayaan rendah memang cukup tricky. Contohnya, ketika mengambil gambar api unggun atau pertunjukan api di malam hari.

Tapi, jika ingin hasil kreatif maksimal, ini perlu dilakukan. Sebab, jika menggunakan mode kamera biasa, kamera akan langsung fokus pada sumber cahaya dan membuat objek di sekelilingnya menjadi gelap.



Nah, Verry menyebut ada beberapa cara untuk memaksimalkan Pro Video, yakni mengubah pengaturan pengaturan kamera secara manual:

- Buka Pengaturan Kamera lalu pilih mode Pro Video
- Atur Shutter Speed dan ISO untuk mengurangi durasi cahaya yang masuk
- Tingkatkan Shutter Speed dan turunkan ISO jika ingin fokus pada cahaya api saja
- Turunkan Shutter Speed dan meningkatkan ISO untuk fokus pada cahaya api dan sekitarnya
- Atur frame rate untuk mengurangi flicker pada video dalam kondisi pencahayaan tertentu, sepertilampujalan
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1735 seconds (0.1#10.140)